News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ibadah Haji 2022

Kemenag Minta Kemenkes Percepat Pemberian Vaksin Covid-19 untuk Jemaah Haji

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Para jemaah tengah melaksanakan ritual ibadah haji pada tahun 2020. Tahun ini Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memutuskan kembali akan menggelar ibadah haji namun akan dilaksanakan dengan situasi khusus

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mempercepat dan mensosialisasikan pemberian vaksin Covid-19 kepada jemaah haji khususnya yang berangkat pada tahun ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Hilman dalam Rapat Koordinasi persiapan penyelenggaraan haji Tahun 1443H/2022M antara Kemenag dan Kemenkes.

"Kemenkes bisa mempercepat pemberian vaksin dosis lengkap kepada jemaah," ucap Hilman melalui keterangan tertulis, Rabu (11/5/2022).

Hilman juga meminta Kemenkes menyusun skenario pemberian PCR dengan hasil negatif Covid-19 yakni 72 jam sebelum jemaah berangkat ke Arab Saudi.

Baca juga: Kementerian Agama Minta Jemaah Haji yang Berhak Berangkat Segera Konfirmasi

Langkah ini dilakukan terkait aturan dari Pemerintah Arab Saudi soal pemberian dan penyerahan hasil tes PCR dengan hasil negatif 72 jam sebelum keberangkatan ke Arab Saudi.

Sehingga hasil hasil PCR negatif jemaah sudah keluar saat keberangkatan ke Tanah Suci.

"Kemenkes juga harus menyusun skenario pemberian PCR 72 jam dengan hasil negatif sebelum jemaah diberangkatkan, sehingga saat keberangkatan ke Tanah Suci sudah clear," tutur Hilman.

Dalam rapat tersebut dihadiri pula oleh Staf Khusus Menag Ishfah Abidal Aziz, Sekretaris Ditjen PHU Ahmad Abdullah Yunus, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sihdu Jaja Jaelani, Direktur Bina Haji Arsad Hidayat, serta Kepala Puskes Haji dr. Budi Sylvana.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini