News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Empat Ribuan Orang Dari 183 Negara Akan Datang ke Bali Hadiri GPDRR

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ribuan orang ditafsir akan datang ke Bali untuk menghadiri ajang Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) yang akan dilaksanakan pada tanggal 23-28 Mei 2022.

Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI) mencatat 6.134 orang dari 183 negara telah mendaftar di platform pendaftaran GPDRR hingga Rabu (18/5/2022).

Empat ribu diantaranya dijadwalkan akan datang langsung di Bali Nusa Dua Convention Center (NDCC).

“Hingga Kemarin telah tercatat 6.134 pendaftaran dari 183 negara yang terdiri dari non pemerintah (NGO) 24 persen, pemerintah 20 persen, akademisi 11 persen, dan bisnis 7 persen. Akan ada 4 ribu yang akan hadir secara in person di Bali,” kata Direktur HAM Kemlu RI, Achsanul Habib pada press briefing, Kamis (20/5/2022).

Kemlu mengkonfirmasi, acara GPDRR akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada 25 Mei 2022 dan dihadiri sejumlah tokoh dunia, salah satunya Wakil Presiden Zambia Mutale Nalumango.

Sekjen PBB akan diwakili Deputi Sekjen PBB Amina Mohammed. Sementara Presiden Majelis Umum PBB, Abdulla Shahid akan menghadiri sesi pembukaan.

Baca juga: Menko PMK: Pelaksanaan GPDRR di Bali Tidak Menerapkan Travel Bubble

GPDRR mengangkat tema From Risk to Resilience: Towards Sustainable Development for All in a COVID-19 Transformed World (Dari Risiko ke Ketangguhan: Menuju Pembangunan Berkelanjutan untuk Semua di Dunia yang Ditransformasi COVID-19).

Pertemuan ditargetkan menghasilkan Co-Chairs’ Summary berupa outcome document yang merupakan refleksi dari pandangan, pendapat, serta rekomendasi dari peserta selama kegiatan.

Dokumen tersebut tidak hanya memuat kemajuan global dalam isu penanggulangan risiko bencana, namun juga akan diuraikan langkah dunia di masa mendatang.

Hasil pertemuan pun diharapkan bakal turut memuat peranan Indonesia terkait isu kebencanaan.

"Pertama kita harapkan dengan pertemuan ini akan memperkukuh kepemimpinan Indonesia sebagai champion di tingkat Internasional," katanya.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini