News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Polemik Bendera LGBT

Profil Owen Jenkins, Dubes Inggris yang akan Dipanggil Menlu Buntut Pengibaran Bendera LGBT

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Nuryanti
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan Dubes Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins. Berikut ini profil Owen Jenkins, Dubes Inggris yang akan dipanggil Menlu Retno Marsudi terkait pengibaran bendera LGBT.

TRIBUNNEWS.COM - Inilah profil Owen Jenkins, Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, yang akan dipanggil Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, buntut pengibaran bendera LGBT di Jakarta.

Diketahui, Kementerian Luar Negeri akan memanggil Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia terkait pengibaran bendera LGBT.

Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah, mengatakan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, telah meminta klarifikasi Dubes Inggris.

"Menlu RI telah meminta pejabat terkait memanggil Dubes Inggris," ujar Faiz saat dihubungi Kompas.com, Minggu (22/5/2022).

Lebih lanjut, Faiz mengungkapkan pihaknya menyayangkan aksi Kedubes Inggris mengibarkan bendera LGBT, lalu mengunggahnya di media sosial Instagram.

Baca juga: Polemik Kedubes Inggris Kibarkan Bendera LGBT, Dinilai Pelecehan hingga Tindakan Provokatif

Baca juga: Soal LGBT Bukan Pro Kontra, Tapi Bagian dari Tanggung Jawab Sosial

Menurutnya, apa yang dilakukan Kedubes Inggris sangat tidak sensitif.

"Tindakan tersebut, disertai mempublikasikannya melalui akun resmi sosial media Kedubes Inggris sangatlah tidak sensitif dan menciptakan polemik di tengah masyarakat Indonesia," urainya.

Faiz pun menegaskan pihaknya telah mengingatkan perwakilan asing untuk bisa menjaga dan menghormati sensitivitas nilai budaya, agama, dan kepercayaan yang berlaku di Indonesia.

Profil Owen Jenkins

Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins (Larasati Dyah Utami)

Owen Jenkins, yang bernama lengkap Owen John Jenkins, sudah menjabat sebagai Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste sejak Juli 2019.

Kariernya sebagai seorang diplomat dimulai pada 1991 ketika Jenkins bergabung dengan Kantor Luar Negeri, Persemakmuran & Pembangunan Inggris (FCDO).

Mengutip situs resmi pemerintahan Inggris, Jenkins sudah ditempatkan di berbagai negara sebagai perwakilan Inggris, seperti Turki, Argentina, Brussel, hingga India, di mana ia berbasis di cabang pembangunan pemerintah Inggris.

Jenkins diketahui telah menangani berbagai macam isu, mulai dari Perang Balkan tahun 1990-an hingga perubahan iklim dan ekonomi.

Namun, minatnya berfokus pada keamanan internasional, pasar negara berkembang, serta hubungan antara kemakmuran dan keberlanjutan.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini