News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini BMKG Senin 30 Mei 2022: Waspada DI Yogyakarta Hujan Lebat Disertai Angin

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Wahyu Gilang Putranto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Cuaca mendung - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Senin (30/5/2022), waspada DI Yogyakarta berpotensi hujan lebat disertai angin.

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Senin (30/5/2022).

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, Bibit Siklon Tropis 92S terpantau di Samudera Hindia selatan Jawa Barat dengan kecepatan angin maksimum mencapai 20 kt dan tekanan udara minimum 1005,8 mb.

Sistem ini membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Bengkulu hingga Lampung dan dari Banten hingga Jawa Barat serta membentuk daerah konfluensi di perairan barat Bengkulu hingga selatan Jawa Barat.

Sistem ini juga menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) di Samudra Hindia selatan Jawa Barat-Jawa Tengah.

Pergerakan siste ini ke arah tenggara dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan dalam kategori rendah.

Bibit Siklon Tropis 93W terpantau di Laut Filipina sebelah utara Papua Barat dengan kecepatan angin maksimum mencapai 15 knot dan tekanan udara minimum 1010.3 mb yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Samudra Pasifik timur Filipina.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar bibit siklon tropis, di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi dan low level jet tersebut.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Senin 30 Mei 2022: Waspada Cuaca Ekstrem di 19 Wilayah Indonesia

Baca juga: Analisis BMKG soal Gempa M 6,5 di Maluku Barat Daya, Gempa Dangkal Akibat Aktivitas Subduksi

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Senin, 30 Mei 2022 hingga Selasa, 31 Mei 2022:

Senin, 30 Mei 2022

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Aceh

• Riau

• Sumatera Selatan

• Lampung

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini