News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sultan Ternate Anugerahi Gelar "Penguasa Laut Terbesar" kepada Laksamana Yudo Margono

Penulis: Dodi Esvandi
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menerima gelar kehormatan “Sangaji Ori Ma Ahi Malamo” dari Sultan ke-49 Ternate, Sultan Hidayatullah Sjah. 

TRIBUNNEWS.COM, TERNATE - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menerima gelar kehormatan “Sangaji Ori Ma Ahi Malamo” dari Sultan Ternate, Sultan Hidayatullah Sjah.

Gelar bangsawan “Sangaji Ori Ma Ahi Malamo”  dari Kesultanan Ternate itu memiliki makna sebagai "Penguasa Laut Terbesar".

"Sangaji" adalah seorang pemimpin atau penguasa yang memiliki wilayah.

Sementara "Ori Ma Ahi" adalah sebutan gelar untuk pimpinan atau Panglima Angkatan Laut.

"Ori Ma Ahi" juga bisa diartikan sebagai perisai yang berasal dari kulit penyu.

Sedangkan "Malamo" memiliki makna "besar" sesuai dengan kapasitasnya sebagai seorang KSAL.

"Suatu kehormatan bagi saya menerima gelar kehormatan dari Kesultanan Ternate dengan nama 'Sangaji Ori Ma Ahi Malamo'. Ini bukan hal yang ringan untuk saya terima, karena gelar ini memberikan konsekuensi yang harus saya laksanakan," kata Yudo usai menerima pemberian gelar adat Kesultanan Ternate itu di raung Foris Lamo Kadaton Sultan Ternate, Maluku Utara, Jumat, (25/11/2022).

"Ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada Sultan Ternate serta keluarga besar Kesultanan Ternate karena tentunya mulai hari ini kami semuanya telah menjadi keluarga besar Kesultanan Ternate. Sebagai keluarga tentunya memiliki tanggung jawab moral pada Kesultanan Ternate,” ungkap Yudo.

Adapun penganugerahaan gelar bangsawan ini diberikan lantaran kemampuan Laksamana Yudo Margono sebagai pimpinan TNI AL dalam menjaga kedaulatan, keamanan, serta ketentraman laut Indonesia.

Penganugerahan gelar kehormatan atau gelar kebesaran ini juga sudah menjadi tradisi Kesultanan Ternate selama beratus-ratus tahun.

Pada abad yang lampau, Sultan-Sultan Ternate juga pernah memberikan gelar kepada utusan negara atau bangsa-bangsa asing yang singgah di Ternate.

Sultan Ternate Hidayatullah Sjah menyampaikan ucapan terimakasih kepada Yudo karena telah berkenan dikukuhkan dengan gelar kehormatan adat Kesultanan Ternate selaku “Sangaji Ori Ma Ahi Malamo” sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat Ternate.

Baca juga: Kelebihan KSAL Yudo Margono, Dinilai Layak Jadi Panglima TNI Gantikan Andika Perkasa

“Saya berharap semoga dengan gelar ini Laksamana Yudo diberikan kekuatan oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa dalam mengemban segala tugas, amanah dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara ini di wilayah maritim,” ujarnya.  

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini