News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Profil dan Sosok

Profil Mardiono, Plt Ketum PPP yang Punya Tugas Goda Golkar dan PAN untuk Dukung Ganjar Pranowo

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Whiesa Daniswara
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Profil Muhamad Mardiono, Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Mardiono juga pernah menjabat Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini profil Muhamad Mardiono, politisi yang kini menjabat Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Mardiono tengah disorot setelah ia mengumumkan dukungan PPP untuk Ganjar Pranowo sebagai bakal Calon Presiden 2024, 26 April 2023 lalu.

Mardiono kemudian menemui Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri terkait menyampaikan keputusan partainya mendukung Ganjar Pranowo.

Diketahui PPP tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Golkar dan PAN, yang mana keduanya belum menetapkan secara resmi bakal Capres yang diusung.

Mardiono pun menyebut dirinya memiliki tugas untuk mengajak Golkar dan PAN untuk mengikuti langkah PPP mendukung Ganjar Pranowo.

Ia membantah KIB bubar setelah PPP membuat langkah mendukung Ganjar Pranowo.

"KIB tidak dinyatakan bubar, tidak. Tetapi justru saya punya tugas, masing-masing partai politik, termasuk saya sebagai Ketua Umum PPP, mengajak KIB untuk bersama pilihannya sama dengan PPP," ungkap Mardiono.

Baca juga: Sah Dukung Ganjar Pranowo, Mardiono Serahkan Hasil Rapimnas PPP ke Megawati

Profil Mardiono

Muhamad Mardiono menjabat sebagai Plt Ketum PPP sejak 5 september 2022.

Mardiono menggantikan posisi Suharso Monoarfa.

Sebelumnya, politisi kelahiran Yogyakarta, 9 Juli 1967 itu diketahui merupakan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) sejak 13 Desember 2019.

Namun, ia memutuskan mundur dari posisi Wantimpres setelah mendapat amanah sebagai pimpinan PPP.

Setelah mundur dari Wantimpres, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemudian melantik Muhamad Mardiono sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan pada 23 November 2022 lalu.

Presiden Joko Widodo melantik Muhamad Mardiono sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan di Istana Negara Jakarta, pada Rabu, 23 November 2022. (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

Kiprah di PPP

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini