News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Jokowi Capai Angka Tertinggi 82 Persen, Kalahkan Narendra Modi

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Jokowi Capai Angka Tertinggi 82 Persen, Kalahkan Narendra Modi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Temuan terbaru dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) mencatat, kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai angka tertinggi di angka 82 persen.

Sementara itu, ada 17,5 persen masyarakat yang tidak puas terhadap kinerja Presiden Jokowi.

Hal itu diungkapkan Direktur Eksekutif Djayadi Hanan dalam rilis survei bertajuk 'Peta Elektoral Pilpres dan Antisipasi Putaran Kedua', Rabu (3/5/2023).

"Kinerja presiden pada April 2023 ini dinilai positif oleh 82 persen," ungkap Djayadi.

"Jadi tampaknya ini dalam data LSI adalah capaian tertinggi kinerja presiden, penilaian positif tertinggi dari minerja presiden dari masyarakat," imbuhnya.

Dilihat dari trennya, Djayadi menjelaskan ada kenaikan signifikan terhadap kinerja presiden.

Di mana pada survei LSI yang dilakukan Februari 2023, angka kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi di angka 75,9 persen.

Sehingga, dikatakan Djayadi jika dibandingkan dengan penilaian pemimpin dunia, Presiden Jokowi mengalahkan Perdana Menteri India Narendra Modi.

"Jadi tren penilaian positif terhadap kinerja presiden ini memang menguat sejak 6 atau 7 bulan terakhir, dari Aeptember ke April," ucap Djayadi.

"Beberapa hari lalu saya melihat Morning Consult Imtelligence Unit itu dalam surveinya terhadap approval rating pimpinan-pimpinan dunia yang tertinggi itu Narendra yang ditemukan oleh Morning Consult di angka 78 persen," imbuhnya.

Lebih lanjut, Djayadi mengungkapkan bahwa ada korelasi antara kondisi-kondisi umum yang dinilai positif termasuk kondisi ekonomi, dengan tingginya tingkat kepuasan kepada presiden.

Adapun survei itu dilakukan LSI pada 12 sampai 17 April 2023. Populasi dari survei ini dipilih secara random (multistage random sampling) 1220 responden.

Margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (dengan asumsi simple random sampling).

Baca juga: Survei LSI: Publik Anggap Prabowo Mampu Lanjutkan Program Jokowi

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini