News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Koalisi Partai Politik

Anas Urbaningrum Sebut Dinamika Politik Sejauh Ini Masih Wajar

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Anas Urbaningrum, menyebut dinamika politik Indonesia sejauh ini masih dalam kondisi wajar.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Eks politisi Partai Demokrat Anas Urbaningrum, menyebut dinamika politik Indonesia sejauh ini masih dalam kondisi wajar.

Awalnya Anas Urbaningrum mengatakan, tidak ada politik yang tidak berdinamika.

Terlebih, lanjutnya, terkait Pilpres di masa-masa jelang Pemilu 2024 mendatang.

"Kalau saya lihat memang tidak ada politik yang tidak berdinamika apalagi Pemilu kan, Pilpres, pasti dinamikanya tinggi," kata Anas Urbaningrum, kepada awak media, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (21/5/2023).

Meski demikian, kata Anas, dinamika politik yang hadir sejauh ini masih dalam kondisi wajar.

Sebutnya, dinamika itu terkait proses pembentukan koalisi partai.

"Tetapi hemat saya, dinamika yang muncul sejauh ini masih dinamika yang wajar yang patut khusus terkait dengan Pilpres. Misalnya ya dinamikanya terkait dengan proses pembentukan koalisi," ucapnya.

Soal pembentukan koalisi ini, Anas menjelaskan, hadir dikarenakan banyak partai yang harus berkoalisi untuk bisa mengusung capres dan cawapresnya di Pilpres 2024.

Baca juga: Anas Urbaningrum Ungkap Era SBY Istana Negara Juga Pernah Dipakai untuk Pertemuan Partai Koalisi

"Karena kan kebanyakan partai adalah partai-partai yang harus berkoalisi untuk bisa memberangkatkan pasangan capres dan cawapres," ucapnya.

"Hanya ada satu partai yang bisa memberangkatkan calonnya sendiri. Itu pun pasti mempunyai keperluan untuk membangun koalisi dan sekarang ini tahapan yang wajar untuk sampai pada terbentuknya koalisi yang utuh yang melahirkan pasangan calon," katanya.

Lebih lanjut, menurutnya, pendaftaran capres dan cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dijadwalkan, pada bulan Oktober.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini