News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pimpin Sertijab 5 Jabatan Strategis, Pangkoarmada RI Harap Lebih Optimal Jalankan Tugasnya di Laut

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pangkoarmada RI Laksdya Herru Kusmanto memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) lima jabatan strategis di lingkungan Koarmada RI di Mako Koarmada RI Jakarta pada Rabu (9/8/2023).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pangkoarmada RI Laksdya Herru Kusmanto memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) lima jabatan strategis di lingkungan Koarmada RI di Mako Koarmada RI Jakarta pada Rabu (9/8/2023).

Jabatan yang diserahterimakan di antaranya Pangkoarmada I dari Laksdya Erwin S Aldedharma kepada Laksda Achmad Wibisono, Pangkoarmada II dari Laksda Maman Firmansyah kepada Laksda Yayan Sofyan, dan Dankoppeba Koarmada RI dari Laksma Darmansyah kepada Laksma Yosua Dominggus Aipassa.

Selain itu, diserahterimakan juga jabatan Asops Pangkoarmada RI Laksma Isswarto kepada Laksma Heri Triwibowo, Aspotmar Pangkoarmada RI Laksma Bram Rusman Namin kepada Laksma Imam Teguh Santoso, serta pengukuhan jabatan Koorsmin Pangkoarmada RI Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz.

Usai upacara, Herru mengatakan Panglima Koarmada I, Koarmada II, dan Koarmada III telah mengemban tugas dengan baik.

Ia bersyukur apa yang sudah dikerjakan dan dilaksanakan Koarmada I, II, dan III mendapat perhatian dari pemimpin sehingga mendapat reward sesuai yang dicita-citakan.

"Kita harapkan dengan pergantian Panglima, pergantian beberapa asisten yang ada di Koarmada RI ini, Koarmada RI dapat menunjukkan eksistensinya berperan secara optimal lagi dalam mengemban tugas sebagai penegak kedaulatan dan hukum di laut," kata Herru.

"Sehingga kita harapakan Koarmada I dengan wilayah kerjanya yang cukup luas, Koarmada II, Koarmada III, dengan didukung 14 Pangkalan Utana dan juga Guspurla dan Guskamlanya dapat mengoptimalkan diri di tahun 2023 ini," sambung dia. 

Selain serah terima jabatan juga dilaksanakan pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas.

Pengambilan sumpah tersebut ditujukan untuk mengingatkan para pejabat akan pentingnya menjaga integritas dalam melaksanakan tugas. 

Dengan sumpah jabatan para pejabat diharapkan dapat lebih amanah dalam melaksanakan tugas-tugasnya di masa mendatang.

Baca juga: Koarmada RI Lakukan Pergantian Pejabat Panglima Koarmada I dan Pangkoarmada III

Koarmada RI sendiri merupakan Kotama Operasi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima TNI dan Kotama Pembinaan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada KSAL.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya tersebut, Komando Armada RI membawahi tiga Koarmada yaitu Komando Armada I di Tanjung Pinang Kepulauan Riau, Komando Armada II di Surabaya Jawa Timur dan Komando Armada III di Sorong Papua Barat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini