News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Prakiraan Cuaca

Cuaca Hari Ini - BMKG: Sebanyak 12 Wilayah Alami Hujan Lebat pada Kamis, 10 Agustus 2023

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Arif Fajar Nasucha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi cuaca hujan - Informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem hari ini Kamis (10/8/2023), sebanyak 12 wilayah mengalami hujan lebat.

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem hari ini, Kamis (10/8/2023).

Sebanyak 12 wilayah diperkirakan mengalami hujan lebat yang dapat disertai angin.

Dikutip dari laman resmi BMKG, Sirkulasi Siklonik terpantau berada di Samudra Hindia Barat Sumatra Barat yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Samudra Hindia Barat Sumatra Barat, serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Samudra Hindia Barat Sumatra Utara.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Kamis, 10 Agustus 2023, Potensi Cuaca Ekstrem di 19 Wilayah, Banten hingga Riau

Daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang dari Laut Andaman hingga Pesisir Barat Thailand, dari Laut Cina Selatan hingga Pesisir Barat Filipina Bagian Utara, dari Selat Karimata hingga Laut Natunan, dari Pesisir Bengkulu hingga Pesisir Barat Sumatra Barat, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tengah hingga Teluk Tomini, dan dari Papua Tengah hingga Papua Barat.

Kemudian, daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau di Laut Cina Selatan, Laut Andaman, Laut Banda, Laut Flores hingga Laut Jawa, Samudra Hindia Selatan NTT hingga Barat Daya Lampung, dan dari Laut Arafuru hingga Laut Aru.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Selain itu, Peningkatan Kecepatan Angin Permukaan > 25 knot terpantau di Samudra Pasifik Timur Filipina, di Laut Arafuru, di Laut Aru, di Laut Cina Selatan, di Samudra Hindia Selatan Jawa, di Laut Maluku, dan Laut Seram yang mampu meningkatkan ketinggian gelombang di wilayah perairan sekitarnya.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang dikutip dari bmkg.go.id:

Baca juga: BMKG: Potensi Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Perairan Barat Aceh pada Hari Ini, 10 Agustus 2023

Kamis, 10 Agustus 2023

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Aceh

• Sumatera Utara

• Sumatera Barat

• Bengkulu

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini