News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dorong Pertanian Ramah Lingkungan, UPLAND Project Kementan Terapkan Program UPPO-Biogas

Penulis: Reza Deni
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Implementasi program Program UPLAND yang dibuat oleh Kementerian Pertanian.

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Prasaran dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian terus mendorong penerapan sistem pertanian berkelanjutan melalui Program UPLAND.

Sejumlah petani di berbagai daerah dataran tinggi didorong untuk menggunakan pupuk yang dibuat sendiri dengan metode fermentasi anaerob.

Pengelola Program Farakka Sari mengatakan, pengembangan sistem Pertanian berkelanjutan sebagai upaya untuk menyelamatkan lingkungan selaras dengan tujuan dari pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals, SDGs) yang menjadi target seluruh negara anggota PBB.

"Hal itu di antaranya pada perwujudan SDGs nomor 2 berkenaan dengan “Menghilangkan kelaparan, Mencapai Ketahanan Pangan dan Gizi yang baik, serta meningkatkan pertanian yang berkelanjutan” dan menunjang tujuan SDGs 12 mengenai “Konsumsi dan Produksi yang Betanggungjawab”," kata Sari dalam keterangannya, Jumat (11/8/2023).

Sementara itu Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Ali Jamil mengatakan Kementan sangat berkomitmen dan mendukung penuh pencapaian SDGs hingga akhir 2030.

"Penerapan sistem pertanian berkelanjutan seperti Pupuk Organik dan Pestisida alami tersebut juga berkomitmen untuk tidak merusak lingkungan, baik secara fisik, kimia, biologi, maupun ekologi," ujar Ali.

Hal itu karena proses budidaya menggunakan bahan-bahan alami, seperti pupuk organik dan pestisida yang dibuat dari bahan non-kimia.

"Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pertanian akan terus berupaya mewujudkan sistem pertanian berkelanjutan di mana salah satunya penggunaan pupuk organik dan pertisida alami adalah untuk meningkatkan unsur hara tanah seperti kadar C organik yang saat ini sudah mulai menurun di sebagian besar lahan pertanian di Indonesia khususnya Pulau Jawa," ujar Ali.

Ali mengatakan stigma bahwa pertanian ramah lingkungan tidak dapat menguntungkan usaha tani tidak sepenuhnya benar.

"Karena selain dapat menekan ongkos produksi, pertanian ramah lingkungan juga dapat meningkatkan produksi komoditas pertanian dan kualitas hasil panennya. Saat ini banyak masyarakat yang menerapkan hidup sehat akan memilih untuk mengkonsumsi pangan organik," ujar Ali.

Direktur Irigasi Pertanian, Rahmanto sebagai penanggung jawab teknis Program UPLAND mengatakan bahwa saat ini Upland tengah mengembangkan program UPPO-Biogas.

Program ini digelar bertujuan untuk membudidayakan atau memasyarakatkan pembuatan pupuk organik secara mandiri.

Masyarakat diberikan pengetahuan untuk mengetahui cara melakukan fermentasi dengan cara anaerob atau tanpa udara. Hal itu dilakukan karena fermentasi anaerob dapat menghasilkan pupuk organik yang lebih berkualitas dibandingkan dengan pupuk kompos pada umumnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini