News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pergantian Panglima TNI

Profil Letjen TNI Maruli Simanjuntak Kandidat Kuat KSAD Jika Jenderal Agus Dilantik Panglima TNI

Penulis: Pondra Puger Tetuko
Editor: Tiara Shelavie
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pangkostrad, Letjen Maruli Simanjuntak - Simak profil Letjen TNI Maruli Simanjuntak. Pangkostrad yang kini namanya disanterkan kuat menjadi KSAD jikaJenderal Agus dilantik Panglima TNI.

TRIBUNNEWS.COM - Pangkostrad, Letjen TNI Maruli Simanjuntak masuk dalam daftar nama yang disebut layak menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), jika Jenderal Agus Subiyanto dilantik jadi Panglima TNI.

Selain Letjen Maruli, ada juga beberapa nama seperti Koordinator Staf Ahli KSAD, Letjen I Nyoman Cantiasa; Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto; dan Danjen Kopassus, Mayjen Deddy Suryadi.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid saat ditemui awak media di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/11/2023).

"Ya ada beberapa nama (Jenderal) masih," kata Meutya, Kamis (2/11/2023).

Baca juga: Suharyanto Hingga Maruli Dinilai Layak Jadi KSAD Jika Jenderal Agus Subiyanto Jabat Panglima TNI

"Ada beberapa nama, Pak Maruli salah satu yang kuat, ada Pak Suharyanto Kepala BNPB, dan Pak Nyoman Cantiasa. Bahkan mungkin lebih, nggak tertutup kemungkinan ada lagi yang lain," tambahnya.

Namun, perihal penunjukkan KSAD ini dipegang sepenuhnya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), karena tidak harus melakukan fit and proper test di DPR RI.

Fit and proper test berlaku untuk jabatan Panglima TNI.

Lantas, bagaimana sosok Letjen TNI Maruli Simanjuntak?

Letjen TNI Maruli Simanjuntak

Letjen TNI Maruli Simanjuntak Msc lahir pada 27 Februari 1970, di Bandung, Jawa Barat.

Perwira Tinggi TNI, Letjen Maruli ini merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1992 yang berasal dari kecabangan Infanteri Kopassus dan Detasemen Tempur Cakra.

Putra daerah Sumatera Utara ini telah meninkah dengan Paulina Pandjaitan, yang dikaruniai dua anak.

Istrinya, Paulina Pandjaitan sendiri merupakan anak perempuan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia (Menkomarves), Luhut Binsar Pandjaitan.

Dihimpun dari Grid.id, saat ini Letjen Maruli menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) sejak 31 Januari 2022.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini