News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Tanara Clean Up di Serang

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin saat menyampaikan pidato pada Kick Off Tanara Clean Up di Tanara Banten pada Minggu (14/1/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, BANTEN - Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin meresmikan gerakan Tanara Clean Up di Tanara, Serang, Banten pada Minggu (14/1/2024).

Ia mengapresiasi gerakan kolaboratif antara Kementerian LHK dan STIF Syeikh Nawawi Tanara, dengan dukungan TNI-AL dan segenap komponen masyarakat.

Hal tersebut karena selain menciptakan lingkungan yang lestari, kata dia, gerakan itu juga bertujuan mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah di pedesaan, agar dapat bernilai ekonomis dan bermanfaat.

Hari ini, kata Wapres, melalui program Tanara Clean Up, masyarakat diajak untuk ikut membersihkan sungai, mempelajari pengelolaan sampah dan membangun ekoriparian agar area sungai lebih bersih dan indah, serta dilakukan pula penanaman pohon serentak seluruh Indonesia.

Baca juga: JK Tanggapi Salam Metal Tiga Jari Wapres Maruf Amin di HUT PDIP

Pembangunan ekoriparian di sempadan sungai, kata Ma'ruf, bermanfaat untuk memulihkan dan mengendalikan pencemaran air, khususnya dari limbah domestik dan sampah.

"Inisiatif ini akan menyiapkan Tanara kelak menjadi pusat edukasi lingkungan dan ekowisata," kata dia

"Program ekoriparian diharapkan dapat mengubah pola pikir masyarakat agar lebih peduli kepada lingkungan, serta akan memberikan nilai tambah bagi masyarakat melalui aktivitas ekonomi yang tumbuh di sekitarnya," sambung Wapres.

Pekerjaan membersihkan lingkungan, kata dia, merupakan bagian dari keimanan.

Wapres juga mengingatkan larangan Allah kepada umat Islam untuk berbuat kerusakan di muka bumi.

Tidak hanya bagi yang berbuat kerusakan, Ma'ruf juga menyinggung mereka yang berpangku tangan melihat kerusakan tanpa ada upaya untuk memperbaikinya.

"Oleh karena itu orang yang tidak mencegah kerusakan itu di Al Quran dicela," kata Ma'ruf.

Dalam acara itu diserahkan juga secara simbolik perahu karet dan bibit tanaman dari Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar kepada perwakilan masyarakat.

Selain itu, diserahkan juga secara simbolik motor bak sampah dan alat kebersihan dari KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali kepada perwakilan masyarakat.

Diserahkan pula secara simbolik bak sampah dan alat-alat kebersihan dari Pj Gubernur Banten kepada perwakilan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Kepala Staf Angkatan Laut beserta jajaran, Pj Gubernur Banten beserta jajaran Forkopimda, dan Rektor Universitas Syekh Nawawi Banten.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini