News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kematian Vina Cirebon

2 Poin Pernyataan Terbaru Polda Jabar setelah Praperadilan Pegi Setiawan Dikabulkan

Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Pravitri Retno W
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Jules Abraham Abast, mengatakan pihaknya akan mematuhi keputusan hakim sidang praperadilan Pegi Setiawan hari ini, Senin (8/7/2024).

TRIBUNNEWS.COM - Terbaru, pihak Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) menanggapi hasil praperadilan Pegi Setiawan dalam kasus pembunuhan Vina dan Eky Cirebon di Pengadilan Negeri Bandung, Senin (8/7/2024).

Ada dua poin yang akan dilaksanakan Polda Jabar terkait putusan sidang praperadilan Pegi.

Menurut Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Jules Abraham Abast, pihaknya akan mematuhi keputusan hakim sidang praperadilan Pegi.

"Pertama, tentu Polda Jabar kami akan mematuhi putusan sidang praperadilan yang telah diputuskan hakim tunggal praperadilan untuk tersangka PS (Pegi Setiawan)."

"Kedua, kami dari Polda Jabar, penyidik, akan menjalankan segala putusan hakim pada sidang praperadilan tersangka PS," ucap Jules Abraham saat menanggapi putusan praperadilan Pegi Setiawan, Senin.

Adapun terkait pembebasan Pegi Setiawan, pihak Polda Jabar juga akan mematuhi putusan hakim.

"Terkait pembebasan (Pegi) tentu kami akan mematuhi segala putusan dari hakim, dari pengadilan, secepatnya sesegera mungkin akan kami penuhi sesuai putusan hasil praperadilan," terang Jules Abraham ketika ditanya awak media.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Irjen (Purn) Benny Mamoto, memastikan Polri akan mematuhi keputusan hakim.

"Kami menghormati putusan praperasilan, tentunya Polri akan mematuhi dan melaksanakan putusan tersebut," ungkapnya, dikutip dari kanal YouTube Kompas TV.

Lebih lanjut, Benny Mamoto menjelaskan, pihaknya akan terus mengawal kasus pembunuhan terhadap Vina dan Eky pada 2016 silam.

Oleh sebab itu, ia turut mengikuti perkembangan hingga hadir dalam putusan praperadilan hari ini.

Baca juga: Status Tersangka Pegi Setiawan Tak Sah, DPR Minta Dirreskrimum dan Penyidik Polda Jabar Disanksi

"Kompolnas selaku pengawas eksternal Polisi, sejak awal kasus dilakukan penyidikan, kami mengawal terus. Beberapa kali kami turun, kami mendapatkan gelar perkara, kami mengikuti persidangan hari ini."

"Di antaranya yang kami cermati adalah pertimbangan hakim, dari beberapa pertimbangan hakim itulah menjadi masukan kami," jelasnya.

Pertama, lanjut Benny, evaluasi bagaimana implementasi Peraturan Kepolisian (Perpol) dan Peraturan Kepala Kepolisian (Perkap) tentang menajemen penyidikan.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini