News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

DPR RI Siap Gelar IPPP ke-2 di Jakarta, 7 Parlemen Negara Pasifik Dijadwalkan Hadir

Penulis: Milani Resti Dilanggi
Editor: Endra Kurniawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

DPR RI akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) ke-2, yang bakal digelar di Jakarta pada 24-26 Juli 2024. Acara ini bertujuan untuk membangun konektivitas antara DPR RI dengan parlemen negara-negara Pasifik melalui berbagai kerja sama.

TRIBUNNEWS.COM - DPR RI siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) ke-2, pada bulan Juli 2024 ini. 

Pertemuan dengan parlemen-parlemen negara kawasan pasifik ini akan digelar di Jakarta pada 24-26 Juli 2024.

16 negara kawasan pasifik bakal diundang dalam perhelatan ini. 

Acara ini bertujuan untuk membangun konektivitas antara DPR RI dengan parlemen negara-negara Pasifik melalui berbagai kerja sama.

Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon, menyebutkan bahwa tujuh parlemen negara Pasifik telah mengonfirmasi kehadiran mereka dalam acara regional ini.

Fadli Zon mengatakan, forum ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2018.

Namun, karena Covid-19 terdapat penundaan, belum lagi DPR RI pada tahun 2022 menjadi tuan rumah IPU. 

"Oleh karena itu, baru sekarang kita bisa melaksanakan pertemuan yang kedua ini, dan kita berharap akan ada partisipasi yang tinggi dan aktif dari parlemen negara-negara Pasifik," ujar Fadli Zon melalui keterangan tertulis, Senin (22/7/2024). 

Pertemuan IPPP ini akan membahas isu-isu terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yang berfokus pada peningkatan kualitas hidup di Indonesia, negara-negara Asia Pasifik, dan dunia.

Selain itu, acara ini juga akan merumuskan konsep pemeliharaan Sumber Daya Alam (SDA) di masing-masing negara untuk kepentingan bersama.

Konsep itu dinilai penting untuk menghadapi tantangan seperti perubahan iklim dan ketahanan pangan.

Baca juga: DPR RI Gelar Rapat Paripurna Penutupan Masa Sidang V Sebelum Masuki Masa Reses Terakhir

"Pertemuan ini penting untuk menyelesaikan tantangan sekarang seperti perubahan iklim dan ketahanan pangan," ucap Fadli Zon.

Tema

Tema IPPP ke-2 kali ini adalah 'Partnership for Prosperity: Fostering Regional Connectivity and Inclusive Development" '

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini