News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemindahan Ibu Kota Negara

Jokowi Tunda Kumpulkan Relawan Pendukungnya di IKN, Dijadwalkan Ulang Usai Upacara Kemerdekaan RI

Penulis: Reza Deni
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno meninjau sejumlah ruangan yang ada di kawasan Istana Kepresidenan Ibu Kota Nusantara (IKN), termasuk Kantor Presiden, Senin (29/7/2024).

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi batal berkumpul dengan 500 relawan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada 11 Agustus 2024. 

Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi mengatakan pertemuan itu bakal dijadwalkan ulang menjadi sekitar 24-25 Agustus 2024.

"Ini kan 17 Agustusan dulu, sampai upacara 17 Agustus, baru kita ke sana. Jadi mungkin tanggal 24-25 relawan (ke sana)," kata Budi  di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Budi pun telah berkomunikasi dengan Mensesneg Pratikno terkait pengunduran jadwal tersebut.

"Tadi pagi Pak Sesneg komunikasi dengan saya, Pak Pratikno, biar konsentrasi kita 17 Agustusan dulu. Saya juga sudah komunikasi dengan teman-teman relawan, sudah kita jangan terpecah fokusnya," kata Budi.

Namun, dia memastikan, acara kumpul-kumpul relawan dengan Presiden Jokowi tetal digelar.

Pasalnya, kunjungan relawan ke IKN bertujuan untuk memperlihatkan bahwa pemindahan ibu kota adalah rencana yang serius dan perlu didukung. 

"Ini kan legacy Pak Presiden Joko Widodo. Dan ingat relawan berangkat ke sana itu tidak menggunakan fasilitas negara. Itu murni gotong royong dari semua relawan. Supaya kita juga ingin lihat. Banyak teman-teman yang belum pernah ke sana," pungkas Budi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengajak para relawan pendukungnya untuk melihat Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur pada 11 Agustus 2024. Sekitar 500 Relawan diboyong untuk melihat progres pembangunan IKN.

Hal itu disampikan oleh Ketua Umum Relawan Projo Budi Arie Setiadi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, (31/7/2024).

"Tadi sudah bilang sama bapak, tanggal 11. Kita berangkat 10 dan 11, tapi acaranya sama pak Presiden tanggal 11. Iya, 500 orang," kata Budi.

Budi mengatakan bahwa Presiden mengajak relawan untuk menegaskan bahwa pembangunan IKN sangat penting untuk Indonesia kedepan.

"Ini supaya kita semua sadar bahwa pemindahan ibu kota ini adalah bagian penting dari membangun Indonesia untuk masa depan," katanya.

Pembangunan IKN kata Budi merupakan legacy dari Presiden Jokowi. Pembangunan IKN merupakan komitmen pemerintah dalam pemerataan pembangunan.

"IKN ini kan bagian dari program legacy pak Jokowi, yang menurut hemat kami ini merupakan bagian dari komitmen pembangunan Indonesia sentris," pungkasnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi juga mengajak para penggiat seni dan pemengaruh (influencer) ke IKN pada Minggu, (28/7/2024).

Baca juga: Jokowi akan Ajak 500 Relawan Pendukungnya Lihat Perkembangan Pembangunan IKN

Presiden bersama influencer meninjau progres pembangunan jalan tol IKN. Mengendarai sepeda motor, Presiden dan influencer juga menjajal tol IKN.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini