News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

HUT Kemerdekaan RI

Contoh Bacaan Doa pada Upacara Bendera 17 Agustus 2024, HUT ke-79 RI

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Sri Juliati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sebanyak 200 warga Kampung Jawi Sukorejo, Jalan Kalialang Lama RT02/RW01, Kelurahan Sukorejo, Gunungpati Kota Semarang mengadakan upacara bendera dengan mengenakan baju adat dan memakai bahasa jawa dalam pelaksanaan upacara peringatan Hut Republik Indonesia yang Ke-76, Selasa (17/8/21). Berikut adalah contoh doa singkat untuk upacara bendera Hari Kemerdekaan Indonesia.

TRIBUNNEWS.COM - Pada tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia biasanya akan menggelar upacara bendera secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Pelaksanaan upacara bendera biasanya akan dilengkapi dengan bacaan doa.

Berikut adalah contoh doa singkat untuk upacara kemerdekaan Indonesia:

Contoh 1

Doa saat upacara HUT ke-79 RI

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengasih,

Atas segala rahmat dan karunia-Mu, pada hari ini kami seluruh bangsa Indonesia, kembali dapat memperingati Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke-78. Tambahkanlah curahan kasih sayang-Mu sebagai berkah bagi kami mengisi kemerdekaan menuju negeri yang adil dan makmur di bawah naungan ridha-Mu.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang,

Jadikanlah peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai momentum merekatkan rasa persatuan dan persaudaraan sebangsa dan setanah air di antara kami. Jauhkanlah kami dari perselisihan dan perpecahan, hindarkanlah kami dari fitnah dan marabahaya.

Ya Allah, Engkaulah Cahaya di atas segala cahaya,

Sinarilah kami dengan cahaya pengetahuan agar selalu berkemampuan menyikapi kemajemukan dengan kearifan. Jadikanlah keragaman itu sebagai modal kami merawat Indonesia dengan menjaga dan memelihara persatuan.

Baca juga: Contoh Susunan Upacara Bendera pada 17 Agustus 2024, HUT ke-79 RI

Ajarkanlah kami sebagaimana Engkau telah ajarkan pendahulu kami cara mengelola urusan kami, cara menyelesaikan perbedaan dengan tetap memelihara integrasi bangsa dan keutuhan NKRI, cara bermusyawarah sebagai jati diri kami.

Kobarkanlah semangat bermusyawarah dengan api konstitusi. Api yang dari padanya memancar kesadaran ber-Pancasila dan bersemangatkan Bhinneka Tunggal Ika. Ilhami hati kami dengan ilmu hikmah dan kebijaksanaan agar demokrasi kami lebih bermartabat, agar permusyawaratan di antara kami benarbenar memberi manfaat dan maslahat.

Ya Allah, Engkaulah Zat Maha Pembebas,

Merdekakanlah jiwa-jiwa kami dari belenggu syahwat dan hawa nafsu kami sendiri. Pertemukan dan persatukanlah hati kami. Hati segenap masyarakat dan para pemimpin kami, untuk mensyukuri kemerdekaan ini, serta ikhlas menjaga dan memeliharanya dengan saling bersinergi membangun negeri ini.

Doa saat upacara HUT ke-79 RI

Contoh 2

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa,

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini