News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Usai Serahkan Sertifikat Tanah Milik Warga di Bogor, AHY: Ini Bisa Jadi Jaminan untuk Modal

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Dodi Esvandi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat menyerahkan sertifikat tanah hak milik kepada warga Desa Cibalung Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, bernama Deden, Selasa (6/8/2024).

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan kepemilikan surat tanah terhadap warga merupakan faktor paling penting yang akan didorong pemerintah.

Pasalnya, penggunaan sertifikat tanah tidak hanya untuk memastikan soal keabsahan hukum atas kepemilikan, tetapi juga bisa menjadi suatu sumber modal bagi pemiliknya.

Pernyataan itu disampaikan AHY usai dirinya membagikan 15 sertifikat tanah hak milik kepada warga Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

"Selamat atas sertifikatnya mudah-mudahan bisa disimpan dengan baik barokah juga ya, itu bisa dijadikan jaminan, (untuk) modal usahakan?" kata AHY di lokasi penyerahan sertifikat, Selasa (6/8/2024).

AHY lantas menanyakan soal keinginan warga untuk membangun usaha.

Ia pun mendapatkan jawaban yang cukup serentak dari para warga.

Baca juga: AHY Serahkan 15 Sertifikat Tanah ke Warga Bogor: Alhamdulillah Sudah Punya Kepastian Hukum

Atas hal itu, AHY memberikan masukan agar sertifikat yang kini sudah dimiliki warga tersebut bisa dijadikan jaminan modal jika pengin berusaha.

"Ada yang perlu modal usaha? Banyak ya, mudah-mudahan usahanya juga barokah ya pak ya, mudah-mudahan juga bisa buat keluarga, gitu aja," ujar dia.

AHY juga menegaskan Kementerian ATR/BPN di bawah kepemimpinannya akan secara masif membagikan sertifikat tanah kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Hal itu penting kata dia, agar seluruh warga memiliki kepastian hukum soal tanah dan bangunan yang ditempati.

"Kementerian ATR/BPN ingin memastikan agar semua pada akhir nya punya sertifikat yang sah dari negara ya, karena dengan itu semua punya kepastian," tukas AHY.

Sebelumnya AHY secara resmi menyerahkan sertifikat tanah kepada warga di Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Selasa (6/8/2024).

Baca juga: AHY Bakal Hadir di Sidang Kabinet, Bertolak ke IKN 11 Agustus 2024

Ia menyatakan ada 15 warga Cibalung yang menerima sertifikat tanah dan kini kepemilikan tanahnya sudah berlandaskan hukum.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini