News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Adian: Dugaan Kekerasan pada Jurnalis Tempo Adalah Kejahatan Terhadap Rakyat Atas Informasi

Penulis: Erik S
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Politisi PDI Perjuangan Adian Napitupulu saat mengikuti wawancara khusus dengan Tribun Network di Studio Newsroom Tribun Network, Jakarta, Kamis (10/8/2023).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam catatan AJI sepanjang Januari hingga Agustus 2024 tindak kekerasan fisik maupun verbal terhadap Jurnalis sudah terjadi tidak kurang dari 40 kali.

Beberapa hari lalu, angka kekerasan terhadap jurnalis bertambah satu lagi, yaitu Hussein Abri Dongoran, Jurnalis Tempo.

Kekerasan yang terjadi pada Jurnalis Bocor Alus Tempo itu tepat di jalan Pattimura, berada di belakang Mabes Polri.

Kalau di lihat dari lokasinya, maka sepertinya peristiwa itu tidak bisa dianggap sebagai kekerasan biasa melainkan di dalamnya mungkin saja ada pesan dari si pelaku yang ingin menyampaikan bahwa tidak ada tempat aman di Indonesia.

Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, Adian Napitupulu mengatakan kekerasan terhadap Jurnalis tidak bisa di pandang semata sebagai ancaman terhadap orang melainkan ancaman terhadap kebebasan berbicara.

Di dalam nya juga ancaman terhadap hak Rakyat untuk mendapatkan Informasi dan keduanya merupakan ancaman terhadap kebebasan atau lebih luas dan lebih tepat jika diaktegorikan sebagai ancaman terhadap Demokrasi.

"Untuk itu maka saya berharap agar pihak kepolisian segera bertindak untuk menangkap si pelaku kekerasan terhadap Jurnalis Bocor Alus sesegera mungkin dan memastikan apa motif dan tujuan kekerasan tersebut termasuk aktor intelektual jika kekerasan tersebut merupakan order yang diberikan aktor intelektual pada para pelaku," kata Adian dalam keterangannya, Kamis (8/8/2024).

Baca juga: Wakil Ketua Komisi III DPR: Negara Harus Menjamin Keamanan dan Kebebasan Seluruh Insan Pers

Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan itu mengatakan pengungkapan motif, tujuan dan aktor intelektual yang mungkin saja ada di balik peristiwa tersebut menjadi sangat penting agar rakyat bisa melihat apakah peristiwa tersebut berdiri sendiri atau merupakan rangkaian perbuatan yang sistemik dan terorganisir untuk menyandera hak atas kebebasan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini