News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

HUT Kemerdekaan RI

PDIP Buka Suara soal Kehadiran Megawati dalam Upacara HUT Ke-79 RI di IKN

Penulis: Galuh Widya Wardani
Editor: Febri Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri saat berdialog dengan perwakilan BRIDA se-Indonesia di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/8/2024).

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah menerima undangan upacara hari ulang tahun (HUT) ke-79 RI yang akan diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Undangan tersebut dikirim langsung oleh pihak Istana Kepresidenan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, baru-baru ini.

Hal itu disampaikan Hasto saat mendampingi presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dalam acara pameran seni karya Dolorosa Sinaga di Gedung Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2024).

"Undangan sudah diterima dan kemudian ditimbang-timbang, karena 17 Agustus ini kan merupakan suatu peristiwa yang mahapenting, yang mengandung nilai-nilai patriotisme yang begitu besar, hasrat untuk mewujudkan kemerdekaan yang sejati-jatinya," kata Hasto.

Tentang kedatangan Megawati ke IKN, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto sampai saat ini belum bisa memastikannya.

Pasalnya, saat ini Megawati tengah berfokus mempersiapkan tim Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk dikirim ke IKN.

"Namanya undangan, kan, untuk dapat memenuhi undangan, tetapi kami juga melihat situasionalnya."

"Ibu Mega saat ini concern terhadap persiapan untuk Paskibraka yang akan dikirim ke IKN, dan semua telah dipersiapkan dengan detail," kata Hasto.

Pada prinsipnya, lanjut Hasto, Megawati sangat menghormati undangan dari Istana Kepresidenan itu.

Adapun kabar kehadiran Megawati ke IKN akan disampaikan pada waktu yang tepat.

"Tentang kehadiran Ibu Mega dengan undangan tersebut tentu suatu kehormatan sebagai presiden kelima, tetapi nanti itu akan disampaikan (konfirmasi undangan) pada waktu yang tepat," ujar Hasto.

Baca juga: 7 Kader Senior PDIP Ditugasi Megawati Dekati Parpol Lain di Pilkada, Ada Hasto Hingga Basarah

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan pihaknya turut mengundang presiden terdahulu untuk ikut dalam upacara HUT RI ke-79 di IKN.

Mereka yang diundang di antaranya presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Jadi untuk mantan presiden rencananya kami undang untuk upacara di IKN bersama dengan Bapak Presiden," kata Pratikno di Kantor Kemensetneg, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini