News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemindahan Ibu Kota Negara

Ketika Menteri PUPR Menyebut Nama Almarhum Doni Monardo di Depan Presiden

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

FILE: Menteri PUPR Basuki Hadimulyo di IKN

TRIBUNNEWS.COM, BALIKPAPAN – Melalui serangkaian perjalanan panjang, akhirnya Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) menuntaskan program sumbangan ratusan ribu bibit pohon untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Acara berlangsung di Nursery Tol Segmen 3B, Jalan Pulau Balang, Balikapapan Barat, Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024).

Seremoni serah terima nursery dan bibit pohon itu diserahkan langsung oleh Plt Ketua Umum PPAD, Mayjen TNI Purn Dr Komaruddin Simanjuntak, dan diterima stakeholder dari Kementerian PUPR, Budi Faizal, S.I.P.

Kepala Bagian Umum dan Tata Usaha, BBPJN Kalimantan Timur dan Armen Adekristi, S.T., M.Sc. Kepala Satker Pelaksanaan Pembangunan IKN 2, BBPJN Kal Tim.

Hadir menyaksikan acara tersebut Ibu Santi Monardo, istri Almarhum Letjen TNI Purn DR HC Doni Monardo, Mayjen TNI Purn Amrin Bendahara Umum PPAD dan Brigjen Purn Temas Koordinator Lapangan Pohon IKN-PPAD.

Adapun rangkaian kegiatan sumbangan Nursery dan bibit pohon PPAD untuk IKN dimulai tanggal 21 November 2022. Saat Ketua Umum PPAD, alm Letjen TNI Purn Dr (HC) Doni Monardo menyerahkan bibit pohon secara simbolis kepada Menteri PUPR, Basuki Hadimulyo, mewakili pemerintah Republik Indonesia, di kebun bibit Cibubur, Jakarta Timur.

Selanjutnya, dimulailah pengiriman bibit-bibit pohon itu ke IKN. Penggeseran bibit pohon ke IKN dimulai tanggal 2 Mei 2023 dari Nursery Cibubur Jaktim, Tigaraksa Tangerang, Cisanti Bandung, Kediri, Makassar dan Nganjuk.

Total bibit yang terangkut pada gelombang pertama itu berjumlah 169.398 bibit pohon.

Tak kurang dari 47 truk, termasuk sebagian truk milik TNI Angkatan Darat, dikerahkan jalan darat menuju lokasi nursery di Tol IKN Segmen 3B.

Dari jumlah bibit pohon yang telah terkirim, per hari ini sudah ditanam sebanyak 51.554 bibit pohon dan, sisa pohon masih ada 111.904 bibit, dan siap menunggu giliran penanaman, termasuk sekitar 100 ribu bibit pohon sukun.

Bibit pohon terdiri dari 66 jenis bibit pohon diantaranya Sukun, Trembesi, Tabebuya, Beringin, Baobab, Durian, Eboni, Jabon, Pule dan lainnya.

Penghijauan dengan penanaman bibit pohon di IKN sangat bermanfaat diantaranya untuk oksigenasi lingkungan, mengurangi panas, menahan longsor, menjadi resapan air dan sebagai ketahanan pangan bahkan lebih luas lagi sebagai penyeimbang alam.

Dalam kesempatan itu, Ketum PPAD Komaruddin mengucapkan terima kasih kepada Menteri PUPR yang telah menfasilitasi berdirinya Nursery IKN di Tol Segmen 3 B Kariangau Balikpapan.

“Semoga bibit-bibit pohon ini bisa dilanjutkan penanamannya, pemeliharaan dan perawatannya agar bisa mewujudkan konsep forest city yaitu kota hutan penuh dengan hijauan dan bukan kota beton atau kota kaca. Juga smart city yaitu kota yang ditopang dengan teknology dalam setiap aktifitas kotanya dan kota yang nyaman untuk tempat tinggal karena bersih udaranya," ujarnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini