News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mahasiswa Fakultas Ilmu Administras UI Bekali Santri dengan Ilmu Wirausaha Sesuai Nilai Islam

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) dan Himpunan Mahasiswa Pascasarjana FIA UI menggelar kegiatan pembekalan bagi santri dan guru di Pondok Pesantren Daaru Da’wah, Sindangjaya, Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) bersama Himpunan Mahasiswa Pascasarjana FIA UI menggelar kegiatan pembekalan bagi santri dan guru, dengan keterampilan kewirausahaan berbasis teknologi dan sosial, serta sejalan dengan nilai-nilai Islam.

Kegiatan ini dilangsungkan di Pondok Pesantren Daaru Da’wah, Sindangjaya, Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Annisa Parastry, selaku Ketua Pengabdi FIA UI mengatakan, pelatihan dimulai dengan sosialisasi interaktif yang dipimpin dosen dan mahasiswa, soal panduan teoritis terkait bagaimana mengembangkan usaha yang tak hanya berorientasi pada keuntungan, tapi juga berdampak sosial.

“Mahasiswa dan dosen memberikan panduan teoritis tentang bagaimana mengembangkan usaha yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan, tapi juga memiliki dampak sosial,” kata Annisa dalam keterangannya, Sabtu (24/8/2024).

Dalam kegiatan itu, muncul ide bisnis kreatif dari santri yakni bisnis aksesoris hijab dari barang bekas. Ide tersebut muncul sebagai solusi inovatif yang cocok dengan kebutuhan masyarakat sekitar, utamanya ibu-ibu Muslim yang aktif di kegiatan pengajian.

Adapun Ponpes Daaru Da’wah sendiri telah memiliki kegiatan wirausaha dengan menjual ikan Lele dari hasil budidaya. Lewat pelatihan ini, para santri diajak melihat usaha mereka dari perspektif lebih luas yang sejalan dengan prinsip keadilan dan kebaikan dalam Islam.

“Harapannya, dengan ilmu dan keterampilan yang telah diberikan, para santri dapat mengembangkan usaha berbasis sosial yang tidak hanya bermanfaat bagi mereka sendiri, tetapi juga bagi masyarakat Kabupaten Bekasi,” pungkas dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini