News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Populer Nasional: 4 Faktor Penghalang Anies Maju Pilgub 2024 - Perjumpaan dengan Pramono-Rano di CFD

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anies Baswedan berolahraga di Car Free Day (CFD) Sudirman-Thamrin, Minggu (1/9/2024)

TRIBUNNEWS.COM - Inilah berita populer Tribunnews di kanal Nasional dalam 24 jam terakhir.

Berita terkait Anies Baswedan menjadi topik yang banyak mendapat perhatian setelah eks Gubernur DKI Jakarta itu gagal maju di Pilkada 2024.

Orang dekat Anies Baswedan menyebut setidaknya ada empat faktor yang menjadi penyebab eks Capres di Pilpres 2024 itu batal maju.

Selain itu, publik Jakarta juga menyoroti hadirnya Anies Baswedan di car free day (CFD) dan bertemu dengan pasangan bakal cagub-cawagub DKI Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno, hari Minggu kemarin.

1. 4 Faktor Anies Gagal Maju Pilkada 2024

Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (1/6/2024). (Tribunnews.com/Danang Triatmojo)

Orang dekat Anies, Refly Harun menyebut ada empat faktor yang menghalangi Anies maju di Pilgub 2024.

Faktor pertama, menurut Refly, Anies tidak ingin menjadi kader PDI Perjuangan (PDIP) lantaran mantan Gubernur Jakarta itu memiliki daya tawar tersendiri.

"Kalau kita lihat, suara Anies dan suara PDI Perjuangan itu banyakan suara Anies. Karena Anies ikut Pilpres. Punya basis. Sehingga, menurut saya, dia punya posisi tawar yang tidak mungkin dia negosiasikan," kata Refly, kepada Tribunnews, Jumat (30/8/2024).

Faktor kedua, Refly menyoroti, ada beda pandangan di internal PDI Perjuangan, yakni soal pihak yang pro dan kontra jika partai banteng itu mengusung Anies, meskipun yang berposisi kontra pada akhirnya akan tunduk pada keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Baca Selengkapnya

2. Cerita di Balik Menghilangnya Nama Anies sebelum Penutupan Pendaftaran Pilkada

Ono Surono tak mampu menyembunyikan kegeramannya. Secara blak-blakan ia mengungkapkan adanya campur tangan penguasa dalam ‘operasi’ menggagalkan Anies Baswedan dan dirinya berpasangan di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024.

Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Barat itu kemudian menyebut sosok ‘Mulyono’ sebagai dalang di balik gagalnya Anies dan dirinya maju di Jawa Barat.

Dengan nada sedikit meninggi, ia bahkan meminta wartawan menulis ‘Mulyono’ sebagai sosok yang menggagalkan Anies maju di Pilgub Jawa Barat.

"Mulyono dan geng. Tulis saja Mulyono," kata Ono dengan nada meninggi di KPUD Jawa Barat, Bandung, pada Kamis (29/8/2024) malam.Di media sosial, ‘Mulyono’ kerap disebut sebagai nama kecil Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Sumber Tribunnews mengungkapkan bahwa PDIP sebenarnya telah menyiapkan nama Anies Baswedan untuk diusung di Jawa Barat, setelah mantan Gubernur DKI itu gagal diusung di Pilgub Jakarta.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini