News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kunjungan Paus Fransiskus

Paus Fransiskus Tidak Gunakan Kendaraan Mewah, Menag Yaqut: Patut Dicontoh Pejabat Indonesia

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Paus Fransiskus (kanan bawah) menunggu untuk menaiki kendaraan setelah kedatangannya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta pada 3 September 2024. - Paus Fransiskus tiba di Indonesia yang mayoritas penduduknya Muslim pada 3 September untuk perhentian pertama tur empat negara di Asia-Pasifik yang akan menjadi masa kepausan terlama yang dijalani Paus berusia 87 tahun. Menag komentari kesederhanaan Paus Fransiskus tiba di Indonesia tanpa kendaraaan mewah, patut dicontoh pejabat Indonesia (Tiziana FABI/AFP)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengomentari kedatangan Pemimpin Umat Katolik Dunia Paus Fransiskus ke Indonesia.

Diketahui pesawat yang ditumpangi Paus Fransiskus tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, Selasa (3/9/2024) sekira pukul 11.26 WIB.

Setelah turun dari pesawat terlihat Paus Fransiskus dijemput dengan kendaraan Operasional Innova Zenix berwarna putih.

Mengomentari kendaraan yang digunakan Paus Fransiskus di Indonesia, Menag Yaqut mengatakan itu bisa menjadi contoh pejabat di Indonesia.

"Saya kira ini luar biasa sederhananya beliau mencontohkan. Karena beliau bukan hanya pemimpin agama, tetapi juga pemimpin negara," kata Menag Yaqut di Bandara Soetta, Selasa (3/9/2024).

"Bagaimana beliau memilih kendaraan pun dengan cara sederhana. Ini patut untuk menjadi contoh (Bagi pejabat di Indonesia)," tegasnya.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang.

Sementara itu setelah tiba di Bandara Soekarno Hatta, Paus Fransiskus langsung menuju Kedubes Vatikan di Jakarta Pusat.

Untuk diketahui kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia ini merupakan bagian dari perjalanan Kerasulan ke-45 Paus.

Pesawat yang ditumpangi Paus bertolak dari Bandara Fiumicino Roma pada pukul 17.32 waktu setempat.

Paus rencananya akan mengunjungi empat negara negara dalam 12 hari perjalanan, di antaranya Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Dalam penerbangan 13 jam dari Italia ke Indonesia dengan jarak 11.351 kilometer tersebut Paus menggunakan pesawat komersil bukan jet pribadi.

Paus Fransiskus melambai dari kendaraan yang berangkat setelah kedatangannya di Bandara Internasional Soekarno?Hatta di Jakarta pada 3 September 2024. - Paus Fransiskus tiba di Indonesia yang mayoritas penduduknya Muslim pada 3 September untuk perhentian pertama tur empat negara di Asia- Pasifik akan menjadi masa kepausan terlama bagi Paus berusia 87 tahun itu, menurut seorang reporter AFP yang bepergian bersamanya. (BAY ISMOYO / AFP) (AFP/BAY ISMOYO)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini