News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jokowi Minta TNI/Polri Pastikan Transisi Pemerintahan Mulus: Jangan Sampai Ada Riak yang Mengganggu

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Suci BangunDS
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan kepada para pejabat TNI/Polri di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur, Kamis, (12/9/2024). Jokowi meminta TNI/Polri memastikan transisi pemerintahan lancar. Jangan sampai ada riak-riak yang berpotensi mengganggu.

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta TNI/Polri memastikan transisi pemerintahan nanti dapat berjalan lancar.

Awalnya, Presiden Jokowi mengingatkan TNI/Polri bahwa saat ini Indonesia sedang berada dalam fase yang penting.

Jokowi menyebut, Oktober bulan depan, akan ada agenda pelantikan Presiden terpilih dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Kemudian, pada November akan ada Pilkada serentak 2024. Oleh sebab itu, dirinya meminta TNI/Polri untuk menjaga stabilitas.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan arahan kepada para pejabat TNI/Polri di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Kamis (12/9/2024).

"Saat ini negara kita berada dalam fase yang sangat penting, supaya kita sadar semuanya. Oktober, bulan depan itu ada pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih," ucap Jokowi.

"Satu bulan lebih sedikit akan ada pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, November akan ada pemilihan serentak, pilkada serentak kepala daerah, baik itu gubernur, bupati, dan wali kota."

"Sehingga saya minta TNI dan Polri harus betul-betul menjaga stabilitas yang sudah terjaga sampai saat ini," imbuhnya.

Jokowi lantas meminta TNI/Polri untuk menyelesaikan permasalahan yang ada supaya tak membesar.

"Hal-hal yang kecil-kecil segera selesaikan, jangan menjadi sebuah persoalan yang membesar. Segera, secepatnya," ucapnya.

Lebih lanjut, Jokowi meminta TNI/Polri untuk mendukung transisi pemerintahan yang akan dilanjutkan Prabowo Subianto.

Baca juga: Jokowi Minta TNI/Polri Jadi Pelindung Perempuan dan Anak Korban Kekerasan

Ia menekankan supaya aparat mendukung penuh transisi pemerintahan dan penyelenggaraan Pilkada 2024.

"Sekali lagi sehingga saya minta TNI dan Polri harus menjaga betul stabilitas, mendukung penuh transisi pemerintahan agar mulus pemerintahan yang saya pimpin akan dilanjutkan oleh pemerintahan baru yang dipimpin oleh Bapak Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto."

"Pastikan proses transisi ini berjalan dengan baik dan lancar. Jangan sampai ada riak-riak yang berpotensi mengganggu. Juga dukung penuh penyelenggaraan pilkada, jaga netralitas, jaga situasi agar tetap kondusif," ujarnya.

Alasan Jokowi Beri Arahan kepada TNI/Polri di IKN

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini