News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kabinet Prabowo Gibran

Jelang Pelantikan, Prabowo Siapkan Nomenklatur Kementerian, Kabinet Banyak Diisi Profesional

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menjelang pelantikannya menjadi Presiden RI, Prabowo Subianto masih sibuk melakukan profiling terhadap sosok yang akan duduk di kabinetnya mendatang, termasuk menyiapkan nomenklatur kementerian.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjelang pelantikannya menjadi Presiden ke-8 RI yang kurang dari 40 hari lagi, Prabowo Subianto masih sibuk melakukan profiling terhadap sosok yang akan duduk di kabinetnya mendatang, termasuk menyiapkan nomenklatur kementerian.

Kesibukan Prabowo ini disampaikan Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menanggapi rencana pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra itu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

Rencana pertemuan Prabowo dan Megawati itu sebelumnya disampaikan oleh Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani. Namun Dasco kemudian membantah pernyataan koleganya itu.

Dasco bilang, dirinya bingung dengan adanya kabar Prabowo akan menemui Megawati sebelum pelantikan Presiden pada 20 Oktober 2024 mendatang.

"Kita juga bingung ini orang luar lebih banyak tahu gitu loh, bagaimana pertemuan itu tanggalnya kapan," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2024).

 Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. (Tribunnews.com/ Abdi Ryanda Shakti)

Wakil Ketua DPR RI itu menyampaikan saat ini Prabowo masih sedang berkonsentrasi untuk menggodok nomenklatur Kementerian.

"Pak Prabowo saat ini masih konsentrasi untuk menggodok nomenklatur dan kemudian melakukan profiling orang per orang yang akan duduk di kabinet," jelasnya.

Sehingga kata Dasco, belum ada jadwal rencana pertemuan Prabowo dengan siapapun.

"Kita belum pastikan jadwal pertemuan baik dengan siapapun yang tentunya nanti akan ada jadwal tersendiri ataupun kemudian akan diputuskan apakah kemudian dalam waktu dekat atau tidak dalam waktu dekat," ujarnya.

Mengenai susunan kabinet, Dasco menyebut saat ini jumlah nomenklatur kementerian masih dalam tahap simulasi. "Jadi begini, soal berapa jumlah sampai dengan sekarang masih kita simulasikan," kata dia.

Dasco mengatakan, jika nantinya ada penambahan jumlah kementerian, maka itu bagian dari optimalisasi kerja-kerja pemerintahan mendatang.

Dasco menyebut kepastian jumlah kementerian akan diketahui pada H-7 pelantikan Prabowo sebagai presiden terpilih.

Baca juga: Sudah Diajak Diskusi Prabowo, PKB Masih Rahasiakan Jumlah Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

"Soal jumlah menteri, ada yang bilang 44, ada yang bilang 42, ada bilang 40 kita juga masih melakukan simulasi. Mungkin nomenklatur maupun orang itu akan final H-7 atau H-5," ujarnya.

"Apabila di kemudian nanti kita sudah publish, lalu kemudian mengalami perubahan, padahal sekarang masih dalam tahap penggodokan," ujarnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini