News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemerintahan Jokowi Berakhir

Jelang Lengser, Ma'ruf Amin Minta Maaf: Semoga Akhirnya Husnul Khatimah

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Garudea Prabawati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ma'ruf Amin dalam pengarahan pada Rapat Koordinasi Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem serta Penyerahan Dana Insentif Fiskal Kemiskinan Ekstrem Tahun 2024 di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (18/9/2024).

TRIBUNNEWS.COM - Jelang lengser pada 20 Oktober 2024 nanti, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyampaikan permohonan maaf.

Permohonan maaf tersebut disampaikan Ma'ruf Amin dalam Rapat Koordinasi Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem serta Penyerahan Dana Insentif Fiskal Kemiskinan Ekstrem Tahun 2024 di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (18/9/2024).

"Maka sekaligus kesempatan ini saya juga menyampaikan permohonan maaf. Pamit, ya, sebab sampai tanggal 20 Oktober nanti kita sudah selesai, ya, berakhir," ujar Ma'ruf Amin, dilansir YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia.

Wapres Ma'ruf juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama para menteri selama ini.

Menurutnya, saat ini kemiskinan ekstrem di Indonesia hampir mendekati 0 persen.

"Semoga akhirnya husnul khatimah dan mohon maaf atas segala kekurangan selama ini dan terima kasih atas kerjasamanya sehingga kemiskinan ekstrem itu bisa nyaris 0 persen," ucapnya. 

Ma'ruf Amin berujar, tahun ini pemerintah menargetkan penghapusan kemiskinan ekstrim mendekati 0 persen di Indonesia.

"Kita optimis, seperti tadi dilaporkan ini bisa tercapai mengingat tingkat kemiskinan ekstrem yang semula 1,12 persen pada Maret tahun lalu, sudah turun hingga 0,83 persen pada Maret tahun ini," ungkapnya.

Meski begitu, ia mengingatkan bahwa pencapaian ini masih dihadapkan dengan beberapa tantangan.

Seperti akurasi data, sasaran konvergensi, program kualitas pelaksanaan, program penyesuaian standar garis kemiskinan ekstrem, hingga regulasi pelaksanaan penghapusan kemiskinan ekstrem yang akan berakhir tahun ini.

Ia meminta supaya tren penurunan angka kemiskinan ekstrem ini bisa terus berlanjut.

Baca juga: Rumah Pensiun Maruf Amin dari Negara Luasnya 2 Kali Lapangan Bola, Warga Dilarang Bakar Petasan

Ma'ruf Amin mendorong semua pihak untuk mengambil peran dalam menurunkan angka kemiskinan ekstrem di Tanah Air.

"Kita perlu menjaga agar tren penurunan ini terus berlanjut melalui kolaborasi dan kerja seluruh pemangku kepentingan, termasuk kinerja dan peran aktif seluruh kepala daerah," ucapnya.

Rumah Pensiun Ma'ruf Amin

Sementara itu, Ma'ruf Amin dan keluarganya akan menempati rumah baru pemberian dari negara atas pengabdian dan jasanya sebagai Wakil Presiden RI periode 2019-2024. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini