News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gaya Hidup Anak & Menantu Jokowi

Ketua Umum Hikmahbudhi Angkat Bicara Soal Langkah Kaesang Klarifikasi ke KPK Soal Naik Jet Pribadi

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Indonesia Joko Widodo, menjawab pertanyaan wartawan saat meninggalkan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta pada 17 September 2024, usai dipanggil KPK guna memberikan klarifikasi terkait penggunaan jet pribadi untuk perjalanan bisnis ke AS. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum PP Hikmahbudhi Candra Aditiya berharap isu penggunaan private jet oleh Kaesang Pangarep tidak menjadi pengalihan isu.

Dia berharap klarifikasi Kaesang segera dijawab oleh KPK agar isu ini tidak terus berlarut-larut menjadi perdebatan publik.

Candra mengingatkan bahwa masih banyak persoalan negara yang harus diselesaikan sebelum masa peralihan kepemimpinan Indonesia.

"Jangan sampai isu Kaesang soal naik jet pribadi ini menjadi pengalih isu yang strategis yang seharusnya kita bahas, toh Kaesang ini sebenarnya bukan pejabat publik juga," kata Candra melalui keterangan tertulis, Jumat (20/9/2024).

Kaesang Pangarep sendiri telah mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengklarifikasi kejadian tersebut.

Candra memberikan apresiasi kepada ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu.

"Sikap pemberani Kaesang ini perlu kita apresiasi karena memberikan contoh yang positif untuk orang orang yang perhari ini masih mangkir dalam pemanggilan KPK ataupun masih menjadi buronan KPK," kata Candra.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyambangi Gedung Anti-Corruption Learning Center Komisi Pemberantasan Korupsi (ACLC KPK), Jakarta Selatan, pada hari ini, Selasa (17/9/2024).

Kedatangan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu ke KPK berkaitan dengan isu viral adanya dugaan gratifikasi dibalik penggunaan pesawat jet pribadi bersama sang istri, Erina Gudono, sewaktu plesiran ke Amerika Serikat (AS) pertengahan Agustus lalu.

Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto mengatakan, Kaesang ke KPK dalam rangka melaporkan adanya dugaan penerimaan gratifikasi dimaksud.

“Betul, saudara K [Kaesang, red] datang ke Gedung KPK, Jalan H. R. Rasuna Said Kavling C1 dalam rangka pelaporan gratifikasi,” sebut Tessa kepada wartawan, Selasa (17/9/2024).

Setelah bertemu dengan pihak komisi antirasuah, Kaesang mengaku sudah menjelaskan perihal penggunaan fasilitas jet pribadi yang bikin heboh.

Klaimnya dia menumpang pesawat milik temannya.

“Saya menyampaikan informasi mengenai perjalanan saya ke AS yang menumpang atau nebeng temen saya,” tutur Kaesang kepada wartawan di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan.

Kaesang juga menyebut sudah minta saran ke KPK soal tudingan dirinya menerima gratifikasi dari pihak lain. 

Sehingga, dia dengan inisiatifnya memilih mendatangi KPK. Kaesang menyebut tak mendapatkan panggilan.

“Kedatangan saya hari ini ke KPK adalah karena inisiatif pribadi sebagai warga negara yang baik,” ujarnya.

Baca juga: Hadiri Maulid Nabi Muhammad di Lebak, Begini Reaksi Kaesang Pipinya Dicubit Emak-emak

“Bukan karena panggilan atau undangan tertulis dari KPK walaupun saya bukan pejabat maupun penyelenggara negara,” kata Kaesang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini