News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kabinet Prabowo Gibran

3 Politisi PDIP yang Digadang-gadang Jadi Menteri Kabinet Prabowo, Tinggal Tunggu Titah Megawati

Penulis: Jayanti TriUtami
Editor: Bobby Wiratama
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Presiden terpilih, Prabowo Subianto. Seiring dengan recana pertemuan Megawati dan Prabowo, muncul isu PDIP bakal bergabung dengan koalisi besar pemerintahan Prabowo-Gibran.

TRIBUNNEWS.COM - Seiring dengan rencana pertemuan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto, PDIP digadang-gadang bakal menjadi partai politik (parpol) selanjutnya yang bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM). 

Meski sempat menjadi lawan pada Pilpres 2024 lalu, sejumlah politisi PDIP telah membenarkan adanya rencana pertemuan dua pentolan parpol tersebut. 

Bahkan, muncul tiga nama politisi PDIP yang digadang-gadang menjadi menteri Prabowo. 

Ketiganya adalah Budi Gunawan, Abdullah Azwar Anas, dan Olly Dondokambey. 

Ketua DPP PDIP, Said Abdullah mengatakan pihaknya tinggal menunggu keputusan resmi dari Megawati mengenai sikap dan posisi partai lain terhadap pemerintahan tahun mendatang. 

Ia memastikan PDIP akan tegak lurus dengan kebijakan sang ketua umum. 

“Belum sama sekali. Baik Pak Budi Gunawan, baik Pak Olly, Pak Anas tidak ada pembicaraan di internal partai, dan tidak ada instruksi dari ibu ketua umum," ujarnya, dikutip dari Kompas.com, Jumat (4/10/2024).

"Kita semua tegak lurus menunggu apapun titah yang disampaikan oleh ibu ketua umum."

Terkait peluang Budi Gunawan, Azwar Anas dan Olly yang bakal menjadi perwakilan PDIP di kabinet Prabowo, Said menyebut pihaknya masih menunggu keputusan Megawati.

"Belum ada sinyal dari Ibu ketua umum. Tiga nama itu, baik pak Budi Gunawan, baik pak Azwar Anas, baik bapak Olly Dondokambey menunggu keputusan dari DPP dan Ibu Ketua Umum," ujar Said Abdullah, Kamis (3/10/2024).

Berdasarkan informasi yang beredar, kursi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) akan diberikan kepada Budi Gunawan; Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi diduduki Azwar Anas; dan satu jabatan lainnya bakal ditempati Olly Dondokambey.

Baca juga: 2 Sinyal PDIP Masuk Koalisi Pemerintahan Prabowo-Gibran, Bisa Dapat Jatah Kursi Menteri

Rencana Pertemuan Megawati dan Prabowo 

Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP, Puan Maharani bahkan tidak menutup kemungkinan partai banteng bakal bergabung dalam pemerintahan Prabowo-Gibran. 

Puan mengatakan pertemuan Megawati dan Prabowo bakal digelar sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. 

Untuk menyambut Prabowo, kata Puan, Megawati akan memasak nasi goreng. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini