News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

KTT Ke-21 ASEAN-India, Menko Polhukam Sampaikan Pentingnya Kerja Sama Maritim & Ketahanan Pangan

Penulis: Gita Irawan
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menko Polhukam RI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto saat mewakili Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghadiri KTT Ke-21 ASEAN-India di Vientiane, Laos, Kamis (10/10/2024). Hadi Tjahjanto menekankan pentingnya memperkuat kerja sama ASEAN dan India di tiga bidang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menko Polhukam RI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menekankan pentingnya memperkuat kerja sama ASEAN dan India di tiga bidang. 

Tiga bidang kerja sama yang dimaksud Hadi Tjahjanto adalah kerja sama maritim di mana pada Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun lalu ASEAN dan India telah menyepakati Pernyataan Bersama terkait Kerja Sama Maritim. 

Baca juga: Pakar Maritim: Kapal Bendera RI Bawa Citra Positif saat Berlayar di Perairan Internasional

Hal itu disampaikannya saat mewakili Wakil Presiden Ma’aruf Amin menghadiri KTT Ke-21 ASEAN-India di Vientiane, Laos pada Kamis (10/10/2024).

"Saya berharap berbagai program kerja sama konkret dapat segera kita implementasikan, khususnya di sektor konektivitas maritim dan ekonomi biru, termasuk melalui pengembangan infrastruktur perikanan," kata Hadi dalam keterangan resmi Humas Kemenko Polhukam pada Kamis (10/10/2024). 

Kedua, menurut Hadi kerja sama ketahanan pangan.

Ia mengatakan pemerintah Indonesia ingin mendorong implementasi dari Komitmen Bersama terkait Penguatan Ketahanan Pangan Dalam Menanggapi Krisis.

Khususnya melalui pemberdayaan petani kecil, diversifikasi pangan lokal, dan pendanaan teknologi pertanian. 

Ketiga, kata Hadi, penguatan kerja sama dalam kerangka ASEAN Outlook on Indo-Pacific (AOIP). 

Baca juga: Menko Polhukam Panggil Dirjen Pajak Hingga Kominfo Buntut Bocornya 6 Juta Data NIK dan NPWP

Hadi mengatakan Indonesia mengapresiasi upaya untuk menciptakan kawasan Indo-Pasifik yang inklusif, termasuk melalui penandatanganan Nota Kesepahaman ASEAN-IORA juga melalui Inisiatif Samudra Indo-Pasifik (SAGAR) yang digagas oleh India, yang selaras dengan AOIP. 

"Saya juga mengapresiasi dukungan India sebagai negara mitra pembangunan pertama Segitiga Pertumbuhan Indonesia, Malaysia, Thailand (IMT-GT) dalam kerja sama pembangunan untuk mencapai Visi IMT-GT 2036," kata Hadi.

"Saya berharap upaya-upaya ini dapat kita lanjutkan dan kita perkuat ke depannya. Saya optimis kerja sama ASEAN dan India akan terus berkontribusi bagi kemakmuran kawasan dan memberi manfaat langsung bagi rakyat," sambung dia.

Hadi juga menyampaikan ucapan selamat kepada Narendra Modi atas terpilihnya kembali sebagai Perdana Menteri India untuk ketiga kalinya dalam pidato sambutannya.

"Kemitraan ASEAN-India telah berjalan selama lebih dari tiga dekade, dan telah menjadi bagian penting dalam membangun kawasan yang damai, makmur, stabil, dan saling terkoneksi," kata Hadi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini