News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kabinet Prabowo Gibran

17 Menteri dan Wamen Kabinet Prabowo-Gibran Berlatar Belakang TNI/Polri, Ada 4 Peraih Adhi Makayasa

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Nuryanti
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Prabowo Subianto berjabat tangan dengan Sekretaris Kabinet Teddy Indra Wijaya usai upacara pelantikan wakil menteri Kabinet Merah Putih di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2024). Presiden Prabowo Subianto melantik 56 wakil menteri Kabinet Merah Putih periode 2024-2029. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

TRIBUNNEWS.com - Simak daftar 17 menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih era Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang memiliki latar belakang TNI/Polri.

Diketahui, Presiden Prabowo Subianto resmi melantik menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih di Istana Kepresidenan, Senin (21/10/2024).

Berdasarkan penelusuran Tribunnews.com, komposisi menteri dan wakil menteri yang berlatar belakang TNI, lebih banyak dibandingkan yang berasal dari Polri.

Dari belasan menteri dan wakil menteri berlatar belakang TNI/Polri, mantan ajudan Prabowo, Mayor (Inf) Teddy Indra Wijaya, merupakan yang paling muda. Saat ini, ia berusia 35 tahun.

Sementara, menteri dan wakil menteri paling tua adalah Sjafrie Sjamsoeddin, purnawirawan tinggi TNI, yang berusia 71 tahun.

Simak daftar dan sosok 17 menteri-wamen Kabinet Prabowo-Gibran berlatar belakang TNI/Polri, berikut ini:

TNI

1. Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

JADI DOKTOR - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjalani ujian Doktor terbuka di Universitas Airlangga Surabaya, Senin (7/10/2024). AHY memaparkan orasi ilmiah bertajuk "Kepemimpinan Transformasional dan Orkestrasi Sumber Daya Manusia menuju Indonesia Emas 2045" dan kehadirannya juga didampingi Presiden RI yang ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, sang istri tercinta Annisa Pohan, juga sang adik Edhie Baskoro Yudhoyono beserta istri.(SURYA/HABIBUR ROHMAN) (SURYA /HABIBUR ROHMAN)

Putra sulung Presiden keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini merupakan lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) tahun 2000.

Saat itu, AHY meraih penghargaan Adhi Makayasa dan Pedang Trisakti Wiratama.

Selama berkarier di TNI AD, AHY pernah bergabung dalam operasi perdamaian PBB di Lebanon pada 2006.

Meski kariernya di TNI terbilang lancar, AHY kemudian memutuskan pensiun dini pada 2016 dan memilih terjun ke dunia politik.

Ia berpartisipasi dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 sebagai calon gubernur, tetapi gagal.

Baca juga: 47 Orang di Lingkaran Presiden Prabowo Jabat Menteri dan Wamen di Kabinet Merah Putih

Tiga tahun setelahnya, AHY terpilih menjadi Ketua Umum Demokrat periode 2020-2025.

Menjelang akhir jabatan Presiden Jokowi pada Februari 2024, AHY dilantik menjadi Menteri ATR-BPN menggantikan Hadi Tjahjanto yang mengisi jabatan Menko Polhukam.

Saat ini, di era Prabowo-Gibran, AHY ditunjuk sebagai Menko Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan.

2. Menteri Pertahanan, Sjafrie Sjamsoeddin

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini