News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kabinet Prabowo Gibran

Menteri ESDM Bahlil dan Menpora Dito Ariotedjo Curhat Kerepotan Tidur di Tenda saat Retreat di Akmil

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gambar selebaran ini diambil dan dirilis pada tanggal 25 Oktober 2024 oleh Partai Gerindra memperlihatkan Presiden Indonesia Prabowo Subianto berbicara di depan peserta retreat Kabinet Merah Putih di akademi militer di Magelang, Jawa Tengah. Testimoni sejumlah menteri selama mengikuti retret di Akmil Magelang, ngaku tidur kurang dan tetap harus bangun subuh untuk berkegiatan.  TRIBUNNEWS/HO/PARTAI GERINDRA

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabinet Merah Putih  menjalani retreat hari kedua di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu, (26/10).

Agenda yang diikuti para menteri, wakil menteri, kepala dan wakil kepala badan, utusan khusus presiden, dan penasehat khusus presiden itu di antaranya yakni olahraga pagi dan latihan baris berbaris.

Dalam kegiatan retreat di Lapangan Pancasila, Akmil, Magelang itu, para anggota kabinet kembali mengenakan pakaian Komponen Cadangan (Komcad).

Kegiatan yang digelar pada Minggu (27/10) itu pun memberikan kesan bagi sejumlah pejabat yang mengikutinya.

Di antaranya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia. Bahlil sempat curhat dirinya kesulitan bangun pagi karena hanya bisa tidur dua jam selama mengikuti retreat.

Bahlil mengatakan selama ini dirinya terbiasa bangun jam 05.00 lalu tidur lagi hingga 07.00.

Namun, saat retreat ia harus bangun jam 04.00 dan langsung berkegiatan selama di Akmil.

"Bangun paginya itu agak repot saya. Biasanya kan kita tidurnya jam 2, bangun jam 5 subuh, habis subuh tidur lagi kan, nanti bangun jam 7. Nah ini tidak. Kita tidurnya jam 2, jam 4 sudah bunyi. Tapi itu bagus bahwa hidup itu disiplin, tanggung jawab negara itu mau 2 jam, 1 jam tidur, begitu panggilan tugas, harus siap," tutur Bahlil di Akmil Magelang, Sabtu (26/10).

 Menteri ESDM Bahlil Lahadalia menjalani retreat di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, pada Jumat, (25/10/2024) (Tribunnews/Taufik Ismail)

Hal senada disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo. Dia berkata kegiatan di retreat menteri Kabinet Merah Putih ini memang tak biasa.

Dalam kegiatan ini para menteri diajarkan hidup berdisiplin. Menurutnya, kegiatan ini baik untuk menyamakan langkah para menteri sebelum bekerja.

"Saya rasa hampir mayoritas anggota kabinet tidak terbiasa, tidur di tenda, bangun jam 04.00 pagi dan langsung kita baris berbaris, dan senam," ujar Dito.

Menteri Agama Nasaruddin Umar menyambut baik rangkaian retreat menteri ini. Dia menilai kabinet perlu kebersamaan untuk bisa bekerja bersama-sama.

"Alhamdulillah saya kira ini suatu kegiatan yang sangat bagus ya untuk merapikan barisan, menyamakan visi, dan memudahkan misi itu terwujud," ucapnya.

Pada retreat hari kedua kemarin para menteri memulai hari sejak 04.00 WIB. Awalnya mereka diajak berolahraga. Kegiatan senam dimulai dengan sesi pemanasan yang dipimpin oleh instruktur dari Akademi Militer.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini