News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Twitter Jual MoPub ke AppLovin 1,05 Miliar Dolar AS, 3 Kali Lipat dari Nilai Akuisisi Pada 2013

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi: Twitter mengumumkan akan melepas 'MoPub' platform iklan seluler yang sebelumnya telah dibeli kembali pada 2013.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA - Twitter mengumumkan akan melepas 'MoPub' platform iklan seluler yang sebelumnya telah dibeli kembali pada 2013.

Raksasa media sosial ini akan menjual perusahaan tersebut ke produsen game seluler dan software untuk aplikasi, AppLovin.

Dikutip dari laman Techcrunch, Kamis (7/10/2021), Twitter membayar sekitar 350 juta dolar Amerika Serikat (AS) untuk mengakuisisi MoPub pada 2013 dan kini akan menjual perusahaan itu seharga 1,05 miliar dolar AS secara cash.

Baca juga: WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down: Jadi Trending Topic Twitter hingga Permintaan Maaf

Sejak pembeliannya, MoPub semakin menjadi sumber pendapatan bagi Twitter dengan menghasilkan sekitar 188 juta dolar AS pada tahun lalu.

Namun Twitter sebelumnya telah menetapkan misinya untuk menggandakan pendapatan tahunannya pada 2023.

CEO Twitter Jack Dorsey mengatakan transaksi penjualan jaringan iklan seluler ini akan mempermudah jalan bagi perusahaannya untuk semakin tumbuh.

Baca juga: Ciutan Netizen di Twitter, Mark Zuckerberg Kalau Bad Mood Serem Juga

"Transaksi ini meningkatkan fokus kami dan menunjukkan kepercayaan pada roadmap produk pendapatan kami, mempercepat kemampuan kami untuk berinvestasi dalam produk inti yang memposisikan Twitter untuk pertumbuhan jangka panjang dan melayani percakapan publik dengan baik," kata Dorsey.

Sementara itu CFO Twitter Ned Segal menyebut kesepakatan itu sebagai cara bagi perusahaan untuk kembali fokus pada apa yang ia gambarkan sebagai peluang iklan 'besar-besaran', di tengah kesibukan pengembangan produk baru Twitter baru-baru ini.

Kepala Eksekutif Twitter Jack Dorsey (THESTREET.COM)

Segal mengatakan Twitter akan lebih menekankan pada pengembangan produk yang dimiliki dan dioperasikan sendiri, meskipun dalam beberapa bulan terakhir perusahaannya tampak fokus berinvestasi secara luas dalam akuisisi yang sesuai dengan visi tersebut.

Dalam serangkaian peluncuran produk cepatnya, Twitter sedang menjajaki aliran pendapatan baru yang memanfaatkan pertumbuhan eksplosif dalam ekonomi kreator, dengan fitur-fitur seperti Super Follows dan Ticketed Spaces, meskipun produk tersebut memiliki adopsi terbatas untuk saat ini.

Perusahaan itu telah melakukan sejumlah akuisisi pada tahun ini yang menunjukkan banyak arah baru, termasuk platform buletin populer Revue.

Twitter juga meluncurkan ruang audio seperti Clubhouse, komunitas berbasis minat baru serta sejumlah fitur eksperimental yang dirancang untuk membuat platform menjadi tempat yang 'kurang beracun' dan lebih menyenangkan untuk menghabiskan waktu.

Semua produk ini kemungkinan akan 'ikut bermain' saat perusahaan bersiap untuk peluncuran secara luas layanan berlangganan bulanan berbayar Twitter Blue.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini