News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jamnas BisMania Akan Dimeriahkan Atraksi Drag Race Balap Bus di Lanud Gading Yogyakarta

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Flyer Drag Bus Owner Battle yang diposting oleh Anthony Steven Hambali, pemilik PO Sumber Alam, Purworejo, di akun facebook-nya.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Komunitas penggemar bus Bismania Community dijadwalkan akan menggelar event tahunan berupa Jambore Nasional (Jamnas) 2023.

Berdasar informasi yang dihimpun, kegiatan ini akan diadakan pada 4 Maret 2023 di bandara Gading, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jambore ini akan dimeriahkan oleh atraksi yang tidak biasa. Yakni atraksi balapan bus di sirkuit pendek atau drag race dan akan menghadirkan aksi balapan dua driver sekaligus pemilik dua perusahaan otobus [PO] besar di Jawa Timur.

Yakni, Anthony Steven Hambali, owner PO Sumber Alam, Kutoarjo, Jawa Tengah, dan Ki Agus Muhammad Syidik, owner PO Sudiro Tungga Jaya, Maospati, Magetan, Jawa Timur.

Janmas ini sendiri memang mengangkat atraksi ini sebagai ikon acara mengacu pada flyer yang dibagikan oleh Anthony Steven Hambali di Facebook.

"Drag Bus Owner Battle," begitu bunyi flyer tersebut.

Event ini akan memancing minat masyarakat menonton atraksi drag race. Tak heran, di flyer tersebut juga diberikan teaser kalimat pancingan, "Prepare your adrenaline" alias 'Siapkan Nyalimu.'

Sebagai owner bus dan juga Youtuber, Anthony Steven Hambali sendiri selama ini dikenal dengan motto-nya yang ikonik, 'Kami bar-bar untuk Anda."

Motto ini merujuk pada video-video atraksinya untuk konten YouTube, menyetir koleksi bus tua PO Sumber Alam yang ditabrakkan ke bus Sumber Alam lainnya di garasi PO Sumber Alam yang luas di Kutoarjo.

Diminta tanggapannya, salah satu member senior BisMania Community, Adhi Bageur mengatakan, acara ini akan menarik jika diselenggarakan di tempat yang aman, bukan di jalan umum.

"Selama diselenggarakan bukan di jalan umum nggak apa-apa. Sama aja kayak balapan biasanya kan. Kecuali jika itu dilakukan di jalan umum, baru nanti jadi pelanggaran," ujarnya.

Karena itu, dia berharap event ini jika jadi diselenggarakan, harus mendapatkan pengamanan serius agar tidak membahayakan penonton.

Berdasar catatan, acara Jambore Bis Mania Community pernah digelar beberapa kali, satu diantaranya di Malang, Jawa Timur, pada 2014 lalu.

Baca juga: Daftar PO Bus Pembeli Sasis Premium Volvo B11R Euro V dan B8R Euro V, Batch I Sold Out!

Di acara ini, para peserta jambore yang berasal dari komunitas penggemar bus dari berbagai kota di seluruh Indonesia ini bisa melihat dari dekat proses perakitan sebuah bus di Karoseri Tentrem, salah satu karoseri bus ternama di Indonesia yang berbasis di Karanglo, Kota Malang.

Baca juga: PO Narendra Siap Panaskan Persaingan Bus AKAP Jakarta-Malang dengan Scania Double Decker

Mereka bisa melihat dari dekat tahapan sejak sasis bus dikirim dari dealer lalu dibuatkan struktur rangka bodi, pemotongan dan pemasangan pelat bodi, lantai dan atap bus, proses finishing, pengecatan, sampai pemasangan aksesoris dan pengetesan kebocoran (water test).

Baca juga: Daimler Luncurkan Versi Terbaru Sasis Bus Mercedes-Benz OC 500 RF dan LE

Semua tahapan tersebut dibedah di acara ini, termasuk proses desain awal sebuah bus dengan bantuan perangkat lunak komputer. Acara Jamnas BMC 2014 sendiri merupakan acara tahunan yang digelar sejak komunitas ini berdiri pada 2008.

Selain mengunjungi workshop Karoseri Tentrem, acara jambore juga diisi dengan sharing wawasan tentang peta pasar sasis bus di Indonesia dengan menghadirkan pembicara dari Hino Motor Manufacturing Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini