News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Nippon Oil Kenalkan Pelumas Berstandar API Service SP untuk Mobil LCGC dan Hybrid

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Nippon Oil merilis oli dengan teknologi hybrid ataupun mesin turbo dan mobil yang membutuhkan pelumas berspesifikasi SAE dan API Service.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Nippon Oil Indonesia merilis rangkaian pelumas kendaraan Eneos X Series yang memiliki 2 segmen, yakni Eneos X Prime yaitu segmen pelumas premium dan Eneos X yang merupakan rangkaian produk unggulan Eneos.

Varian Eneos X Prime menargetkan segmen market high end atau premium yakni varian untuk semua jenis kendaraan pabrikan Jepang atau Eropa kelas menengah ke atas, dengan teknologi hybrid ataupun mesin turbo, kendaraan baru maupun lama yang membutuhkan pelumas dengan spesifikasi SAE dan API Service.

Eneos X Prime diklaim mampu meningkatkan akselerasi kendaraan, mengurangi gesekan dan kebisingan mesin hingga 32 persen dalam kondisi kecepatan hingga 3,000 rpm, mengurangi getaran pada kendaraan serta telah diuji secara teknis dapat menghemat bahan bakar.

General Manager ENEOS Indonesia, Imran Razy mengatakan, varian ini dilengkapi dengan aditif spesial Titanium dan Molybdenum.

"Pelumas ini dikembangkan dengan riset khusus teknologi Jepang sehingga dapat memperpanjang umur mesin, memberikan perlindungan pada mesin dalam pola berkendara Stop n Go, serta mencegah terjadinya kondisi Low-Speed Pre-Ignition," kata Imran Razy kepada wartawan, Selasa (5/9/2023).

Untuk Eneos X, kata dia, menyasar jenis kendaraan bertipe middle high, LCGC, hingga kendaraan bermesin turbo dan teknologi hybrid.

"Aditif Titanium meningkatkan perlindungan mesin dengan membentuk lapisan titanium pada permukaan komponen mesin, sehingga mengurangi terjadinya gesekan guna memperpanjang umur mesin kendaraan dan meningkatkan penghematan bahan bakar," katanya.

Sementara, aditif Molybdenum membentuk lapisan film di semua permukaan yang mengalami pergesekan guna memastikan komponen bekerja lebih lancar, menghindari kontak langsung antara permukaan logam sehingga melindungi mesin dari keausan.

Baca juga: Marak Oli KW, Begini Cara Membedakan Pelumas Asli dan Palsu

"Kedepannya kami akan terus berkomitmen dalam memberikan inovasi dan teknologi terbaru guna memberikan kenyamanan yang maksimal kepada pelanggan,” katanya.

Dalam memenuhi kebutuhan efisiensi bahan bakar yang diberlakukan oleh produsen mobil saat ini, Eneos telah meningkatkan standar API Service SP ILSAC GF-6, dimana telah diuji secara teknis dapat menghemat bahan bakar hingga 2 persen.

Spesifikasi SP sendiri dirancang memberikan perlindungan terhadap penyalaan awal di putaran rendah (LSPI).

Baca juga: Mengenal Ester Dura Technology yang Bikin Interval Penggantian Pelumas Lebih Panjang

Low-Speed Pre-Ignition (LSPI) adalah kondisi dimana terjadinya pembakaran abnormal pada mesin GDI (Gasoline Direct Injection) dan TGDI (Turbocharged Gasoline Direct Injection) saat mesin berakselerasi dengan cepat di RPM rendah.

Dalam beberapa kasus saat terjadi LSPI, piston retak dan mesin mengalami rusak parah.

Dia menegaskan, Eneos X priome dirancang secara khusus dan dapat mencegah kemungkinan terjadinya kondisi LSPI dengan perlindungan keausan rantai yang tahan lama, peningkatan perlindungan endapan suhu tinggi untuk piston dan turbocharger, serta kontrol lumpur dan pernis yang lebih ketat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini