News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

MC Group Boyong 3 Lini Truk Heavy Duty Shacman di Mining Indonesia 2024

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Serah terima 50 unit truk heavy duty Shacman dari MC Group ke perusahaan pembeli asal Jawa Timur, PT Prabangkara Karya Utama di pameran hari pertama Mining Indonesia 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu, 11 September 2024.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Permintan truk dan alat berat untuk sektor pertambangan tetap bergairah di 2024 ini seiring dengan program hilirisasi yang dijalankan pemerintah serta dibukanya keran kepada organisasi masyarakat (ormas) untuk mengelola tambang-tambang mineral di Tanah Air.

Industri otomotif China menangkap peluan tersebut dengan membawa line up kendaraan tambang di pameran alat berat pertambangan internasional Mining Indonesia 2024 yang berlangsung di JIExpo, Jakarta.

MC Group, distributor truk heavy duty Shacman membawa line up 3 model truk tambang, masing-masing Shacman F3000 Dump Truck, X3000 Trailer Truck dan X3000 dalam wujud chassis truck.

Baca juga: Indonesia Mining Summit 2023 Bahas Strategi untuk Masa Depan Hilirisasi

Tiga lini truk ini memiliki spesifikasi Euro5. Shacman X3000 memiliki konfigurasi penggerak roda 6x4 tipe tractor head dengan mesin diesel bertenaga 385 horse power dengan Jacobs Engine Brake, dan double reduction axle serta sistem pengereman anti-lock brakin system (ABS).

Kabin truk ini dilengkapi air suspension dan AC serta electric cab tilting. Shacman X3000 juga diproduksi dalam varian 8x4 Lorry Truck, 8x4 untuk angkutan CPO, serta 6x4 tractor head.

Lini truk ini dibekali kabin lega, konsumsi bahan bakar yang diklaim efisien, serta kinerja serta durabilitas mumpuni di medan berat.

Di hari pertama pameran, Rabu, 11 September, MC Group melakukan serah terima 50 unit truk ke perusahaan asal Jawa Timur, PT Prabangkara Karya Utama.

Baca juga: Produsen Alat Pertambangan XCMG Heavy Industries Ramaikan Pameran Mining IEE Series 2023

Sri Utami, owner PT Prabangkara mengatakan, pihaknya membeli 50 unit truk Shacman untuk memperkuat usahanya, perusahaan kontraktor tambang dan kayu.

“Saya membeli 50 unit untuk mendukung usaha kontraktor saya yang bergerak di bidang tambang dan kayu," ungkap Sri Utami.

Dia mengatakan, dibanding truk-truk Jepang, durabilitas Shacman cukup mumpuni. Begitu juga dengan dukungan after salesnya. Dia melihat perusahaan ini fokus pada produksi truk-truk heavy duty.

Baca juga: Trakindo Pamer Teknologi Cat MineStar System di Mining Indonesia 2023

Pameran Mining Indonesia 2024 berlangsung selama empat hari mulai 11 hingga 14 September 2024.

Pameran ini merupakan edisi ke-22 dan diikuti sekitar 1.200 perusahaan di industri pertambangan dari 39 negara, mulai dari heavy duty truck hingga heavy equipment alat-alat tambang berbagai merk dan ukuran, spare part, serta solusi maintenance, repair and overhaul (MRO).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini