News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tiga Tahun Komunitas Mobil Elektrik Indonesia Akselerasi Adopsi EV ke Masyarakat

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Musyawarah Nasional Komunitas Mobil Elektrik Indonesia (Koleksi) ketiga.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Komunitas Mobil Elektrik Indonesia (Koleksi) pertama kali eksis pada 21 Mei tahun 2021. Memasuki usia ketiga tahun, komunitas ini telah memiliki ratusan anggota.

Club Electric Vehicle (EV) anggotanya melebihi 200 orang secara nasional dan lebih dari 90 persen anggota berdomisili di Jabodetabek, termasuk Banten dan Bandung.

Dengan moto "Go Green, Save Earth", di usia ketiga tahun ini Koleksi mengumpulkan anggotanya dalam perayaan yang diadakan di Hotel Ibis Styles BSD Tangerang Selatan, Sabtu (14/9/2024).

Baca juga: Ketua MPR RI Bamsoet Buka Seminar dan Uji Kompetensi Ikatan Motor Indonesia

"Keberadaan Koleksi ini telah memberikan andil dalam percepatan adopsi EV di Tanah Air yang didukung oleh program-program kerja yang dijalankan secara rutin diberbagai bidang meliputi hukum, teknologi, edukasi dan literasi, acara serta program lainnya yang melibatkan pihak pemerintah dan swasta," tutur Ketua Umum Koleksi Arwani Hidayat, dalam keterangan Sabtu (14/9/2024).

Koleksi merupakan komunitas EV pertama yang terdaftar resmi sebagai anggota Ikatan motor Indonesia (IMI) dan mendapatkan dukungan penuh dari IMI.

Bukan hanya fokus pada akselerasi adopsi EV di Indonesia, klub mobil listrik ini juga mendorong pelestarian lingkungan hidup dan tercapainya lingkungan yang lebih asri dengan berbagai macam kegiatan, seperti edukasi penggunaan energi hijau dan bersih, edukasi pengelolaan sampah.

Pada perayaan usia ketiga tahun, Koleksi melakukan kegiatan pengumpulan sampah agar dapat didaur ulang menjadi bahan bermanfaat lain.

Baca juga: Kanada Pungut Tarif 100% untuk Impor Mobil Listrik Cina

"Koleksi mengumpulkan sampah elektronik (e-waste) dan berbagai kegiatan yang sangat positif sesuai tema HUT Koleksi ke-3 yaitu Small Step, Big Impact," ungkap Ketua Panitia Penyelenggara HUT ke-3 Koleksi KPAA Emir Ferdian Notoprojo.

Emir menyampaikan, HUT ke-3 Koleksi kali ini juga dibarengi dengan Musyawarah Nasional (Munas) perdana dalam rangka pemilihan kepengurusan baru masa bakti 2024-2027. Di mana Arwani Hidayat kembali terpilih untuk menjabat sebagai Ketua Umum Koleksi.

"Terima kasih atas dukungan dan keterlibatan dari berbagai pihak baik pemerintah dan swasta dalam menyukseskan kegiatan kali ini dalam berkontribusi melestarikan lingkungan melalui kegiatan kecil yang berdampak besar bagi lingkungan," ucap Emir.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini