News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Calon Presiden 2014

Jokowi-JK Harus Kembalikan Indonesia Swasembada Pangan

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) memberikan keterangan pers di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta, di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/8/2014) malam. Pasangan Jokowi-JK mengapresiasi keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak seluruh gugatan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta) dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adiatmaputra Fajar Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Badan Pekerja Institut Proklamasi Arief Rachman menilai presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla memiliki banyak PR yang harus diselesaikan. Salah satunya sektor pangan.

Arief menilai selama ini pemerintah masih terus mengimpor bahan pangan. Untuk bahan dasar pangan nasional seperti beras, Pemerintah masih mengimpor. "Selama kurun waktu beberapa tahun terakhir Indonesia mengimpor beras," ujar Arief di Jakarta, Minggu (24/8/2014).

Menurutnya, program kedaulatan pangan Jokowi-JK bisa menjadi solusi utama menjadikan Indonesia sebagai negara swasembada pangan. Namun untuk bisa melakukan hal itu, Arief menilai Jokowi-JK harus bekerja keras.

"Kebutuhan pangan nasional tentu saja akan menjadi skema kerja yang tidak ringan jika ukurannya adalah tercapainya swasembada pangan," papar Arief.

Tantangan berikutnya Arief menilai poros maritim Indonesia juga harus dikembangkan Jokowi-JK. Karena selama ini potensi maritim bisa membangun perekonomian negara. "Ada potensi ekonomi begitu besar yang dapat dikelola dan menjadi sumber pendapatan nasional," jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini