News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Duet Jokowi JK

SBY Harap Jokowi Lakukan Rekonsiliasi dengan Prabowo

Editor: Rendy Sadikin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) memberikan keterangan pers disaksikan mantan cawapres Hatta Rajasa seusai pertemuan dengan politisi dari partai anggota Koalisi Merah Putih di kediamannya, di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Selasa (2/9/2014). Presiden SBY mengapresiasi sikap Koalisi Merah Putih yang mengakui hasil Pilpres 2014 yang telah menentukan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. ANTARA FOTO/Andika Wahyu

TRIBUNNEWS.COM, SINGAPURA — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap, presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) melakukan rekonsiliasi dengan pendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

"Saya berharap pemerintahan Bapak Joko Widodo tidak harus terus-menerus menjaga jarak. Bagus, kalau melaksanakan rekonsiliasi," kata Presiden dalam jumpa pers dengan sejumlah media Indonesia di Singapura, Kamis (4/9/2014), seperti dikutip Antara.

Presiden mengatakan, kekuatan politik Prabowo dan pendukungnya cukup besar mengingat perbedaan perolehan suara dalam Pemilu Presiden 2014 relatif tipis.

Bila kubu Jokowi dan kubu Prabowo "saling menyapa" dengan baik dan konstruktif, maka kondisi politik di Tanah Air akan "teduh" dan damai.

Selain itu, ia mengatakan, rekonsiliasi di antara kedua pihak juga akan memuluskan jalannya pemerintahan baru.

"Lebih bagus lagi, ajaklah pihak yang lain... Itu bagus, itu mulia," katanya.

SBY secara pribadi berharap, pemerintahan Jokowi merealisasikan janji-janji semasa kampanye dan bekerja sama secara baik dengan negara-negara sahabat.

"Tinggal beliau (Jokowi) melaksanakan karena rakyat masih ingat satu demi satu," katanya.

Sebelumnya, Jokowi sudah bertemu Hatta di kediaman Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Hatta mengucapkan selamat kepada Jokowi setelah terpilih sebagai presiden.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini