News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2020

Bawaslu RI: Kampanye Tatap Muka Masih Jadi Primadona Cakada di Tengah Pandemi Covid-19

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mochammad Afifudin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Bawaslu RI Muhammad Afifudin menyebut pasangan calon kepala daerah (cakada) masih banyak memilih kampanye tatap muka, dibanding memanfaatkan teknologi di tengah pandemi Covid-19.

"Hasil pengawasan, metode kampanye yang dipilih para calon, tidak banyak berubah disaat tidak ada wabah. Jadi secara umum, kampanye tatap muka masih jadi primadona," papar Afifudin saat acara Polemik Trijaya bertema Evaluasi Kampanye Pilkada 2020, Sabtu (21/11/2020).

Menurutnya, kampanye tatap muka memang tidak dilarang, dimana syaratnya menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan peserta yang hadir dibatasi sesuai ketentuan. 

"Dalam 10 hari terakhir ada 17 ribuan (kegiatan kampanye tatap muka), dari sebelumnya pada 10 hari sebanyak 16 ribuan," papar Afif. 

Baca juga: Hasil Pengawasan 10 Hari Kelima Masa Kampanye, Bawaslu Catat 398 Kegiatan Langgar Protokol Kesehatan

Afif menyebut, banyak faktor cakada masih lebih senang berkampanye tatap muka dibandingkan bertemu secara virtual dengan masyarakat, misalnya keterbatasan akses internet dan lainnya.

"Ini juga karena kebiasaan, orang menganggap kampanye itu ya ketemu orang, datang kemudian di suatu tempat difasilitasi," ucap Afif. 

Diketahui, Pilkada serentak akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 di 270 wilayah, baik memilih gubernur, walikota maupun bupati. 
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini