News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ramadan 2024

Gelar Salat Tarawih, Masjid Agung Al-Azhar Mampu Tampung 3 Ribu Jamaah dan Ribuan Kendaraan

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jamaah salat tarawih di Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, membludak pada tarawih hari pertama yang berlangsung Rabu malam (23/3/2023).

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masjid Agung Al Azhar jadi salah satu masjid yang menggelar salat tarawih berjamaah pertama pada jelang bulan suci Ramadan, Senin (11/3/2023) malam.

Adapun masjid yang terletak di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini mampu menampung sebanyak 3 ribu jamaah pada pelaksanaan salat tarawih.

Kepala Kantor dan Pengurus Takmir Masjid Agung Al Azhar, Tatang Komara mengatakan bahwa pihaknya sejak jauh-jauh hari telah mempersiapkan tempat untuk pelaksanaan ibadah salat tarawih malam ini.

"Untuk tempat inshaAllah siap untuk hari pertama kita siapkan di ruang utama masjid dan di aula disiapkan tentu inshaAllah muat untuk 3 ribu orang untuk masuk sini," kata Tatang saat ditemui di Masjid Agung Al Azhar Jakarta.

Tatang menjelaskan bahwa pada Masjid Al Azhar sendiri terdapat dua ruang utama yang bisa digunakan masyarakat untuk melakukan salat tarawih.

Dua ruang utama itu terdapat di lantai dua masjid serta di bagian Aula Buya Hamka di lantai satu.

Selain ruang untuk salat, Tatang menuturkan pihaknya juga telah menyiapkan lokasi parkir yang mampu menampung hingga ribuan kendaraan.

"Parkir mobil bisa sampai 1.500 dan motor 2.000 bisa masuk karena ada satu yang paling utama di di Universitas ini lalu di halaman selatan," ujarnya.

Baca juga: Besok, Awal Puasa Ramadan 2024 versi Pemerintah, Ini Bacaan Niat Puasa & Hal yang Membatalkan Puasa

Lebih lanjut dijelaskan Tatang, jika nantinya terdapat lonjakan kendaraan, pihaknya bakal kembali membuka lokasi parkir di lapangan dekat area masjid.

Alhasil jika di total masjid Al-Azhar mampu menampung sekitar 4 ribu kendaraan khususnya roda dua.

"Jadi 4 ribu mobil bisa kita tanggulangi untuk bisa parkir di depan kita ini," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini