News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Hari Ini Sidang Vonis Perusakan Kantor PDAP

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kantor Panwaslu Kota Palopo dirusak massa, Jl Andi Kambo. Sulawesi Selatan. Minggu (31/3/2013). (Tribun Timur/Sudirman)

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNNEWS.COM, BALEENDAH - Persidangan kasus perusakan aset milik Perusahaan Daerah Agrobisnis dan Pertambangan (PDAP), dengan terdakwa Momo dan Yana hari ini memasuki sidang putusan. Keduanya dituduh melakukan perusakan pos pada 24 Oktober 2011.

Deni Abdulah, koordinator aksi unjuk rasa, mengatakan kasus tersebut berawal dari berakhirnya hak guna usaha PDAP atas tanah negara seluas 130 hektar di Pangalengan.

Kemudian warga mengelola lahan yang telah ditelantarkan. Pihak PDAP lalu melakukan intimidasi untuk mengusir para petani penggarap lahan tersebut.

"Momo (55) dan anaknya Yana (23) dituduh telah melakukan perusakan. Padahal saat kejadian keduanya sedang berada di kebun yang jaraknya sekitar 5 kilometer. Jadi mereka berdua tidak bersalah karena tidak melakukan perusakan," terangnya.

Ia menambahkan, perusakan pos jaga dan lahan pertanian tersebut sebenarnya dilakukan oleh pihak PDAP. Mereka melakukan provokasi dan mengganggu ketertiban masyarakat. PDAP menggerakkan warga yang mendukung kepada mereka. Sehingga terjadi perselisihan antara warga yang pro dan kontra terhadap PDAP.

Persidangan terhadap kedua orang tersebut sampai saat ini belum dimulai. Rencananya persidangan akan dimulai pada pukul 14.00 WIB. Massa yang sempat melakukan aksi unjuk rasa saat ini sedang menunggu di pelataran pengadilan. (aa)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini