News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

AirAsia Hilang Kontak

Psikolog Minta AirAsia Menyampaikan Informasi Tekait Kecelakaan dengan Jujur

Editor: Sugiyarto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Petugas membawa temuan serpihan pesawat yang diduga berasal dari AirAsia QZ8501 yang hilang, di posko utama pencarian pesawat, di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Selasa (30/12/2014). (TRIBUN/DANY PERMANA)

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Psikiater RSU Dr Soetomo, dr Azimatul Karimah menjelaskan, momentum hasil akhir pencarian pesawat yang hilang merupakan tempo yang harus diantisipasi dan dipersiapkan sebaik mungkin.

"Makanya keberadaan psikolog dan psikiater untuk menenangkan keluarga korban pesawat AirAsia sangat penting," katanya, Selasa (30/12/2014).

Apalagi setelah tim gabungan yang dipimpin Basarnas berhasil menemukan serpihan pesawat, sehingga hasil akhir proses pencarian yang sudah berlangsung tiga bersifat negatif.

Jika itu terjadi, secara inkremental, psikolog dan psikiater akan menyampaikan perkembangan pencarian pesawat AirAsia secara apa adanya, jujur, tak bohong, dan terbuka.

"Yang penting, jangan memberikan harapan palsu," tegas Azimatul.

Pasalnya, kalau harapan yang disampaikan tidak sesuai dengan hasil akhirnya, secara mental, tekanan kepada keluarga penumpang akan semakin berat dan besar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini