News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Perjuangan Anak SD Bantu Bapak dan Dua Kakaknya yang Lumpuh Akhir Dapat Bantuan Pemkab

Editor: Sugiyarto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ridwan (berkaus biru) duduk menemani ayah dan dua kakaknya yang lumpuh di rumahnya yang semi permanen di Kampung Bojongloa, Desa Girimukti, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (16/1/2015).

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Deddi Rustandi

TRIBUNNEWS.COM, SUMEDANG- Ridwan Gunawan (11) yang merawat bapak dan kedua kakaknya yang lumpuh bakal menerima bantuan uang secara rutin setiap bulan.

Adeng (46) dan kedua anaknya yang lumpu, Holidin Abadi (24) dan Devi Trisnawati (21) termasuk kelompok disabilitas berat yang berjak mendapat bantuan secara rutin saban bulannya.

Kepala Dinsosnaker, Iwa Kuswaeri menyebutkan keluarga Adeng ini akan mendapat bantuan uang untuk keperluan sehari-harinya sebesar Rp 300 ribu per bulan.

“Bantuan itu akan diberikan per empat bulan sekali atau Rp 1,2 juta dan bisa diambil April nanti di kantor Pos Sumedang,” kata Iwa melalui sambungan telepon, Selasa (27/1/2015).

Menurutnya, bantuan itu berasal dari APBN dengan program bantuan untuk penyandang disabilitas berat. “Sumedang mendapat bantuan dari APBN untuk 160 orang penyandang disabilitas berat termasuk keluarga Adeng ini,” katanya.

Iwa mengatakan saat ini ada 160 penyandang cacat berat atau disabilitas yang terdata.

“Kami mengajukan ke pemerintah pusat dan nanti mulai April bantuan ini sudah bisa dicairkan dengan mengambilnya di kantor Pos Sumedang. Bantuan ini cairnya per empat bulan sekali,” kata Iwa.

Disebutkan, bantuan ini diserahkan sepenuhnya kepada keluarga Adeng dan para penyandang disabilitas laiinya. “Terserah mau dipakai apa, untuk kebutuhan sehari-hari atau apapun, terserah yang menerimanya,” kata Iwa. (std)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini