News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mudik Lebaran 2018

Ayam Petelur Afkhir Jadi Primadona Warga Tegal untuk Dimasak Opor Hidangan Lebaran

Editor: Sugiyarto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Opor ayam khas Indonesia

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dhian Adi Putranto

TRIBUNNEWS.COM, KENDAL- Menjadi favorit untuk dihidangkan pada Idul fitri, ayam petelur atau akrab disebut 'pitik abang' diburu para warga Kendal.

Cita rasa dagingnya yang lebih enak dibandingkan ayam potong membuat daging ayam petelur sering digunakan untuk bahan membuat masakan opor ayam hidangan khas saat Idul fitri.

Naiknya permintaan ayam petelur, membuat pedagang ayam petelur musiman bermunculan di pasar di kabupaten kendal.

Tak terkecuali di Pasar Kendal. Bahkan mereka berkumpul di salah satu sudut pasar Kendal untuk menjual khusus ayam petelur itu.

Seorang pedagang, Emma mengatakan ayam merah diburu karena harganya yang jauh murah di bawah harga ayam kampung, namun rasanya tak kalah enak dibandingkan ayam kampung.

"Kalau 'pitik abang' harganya Rp 55 ribu hingga Rp 65 ribu perekor. Harganya jauh lebih murah dibandingkan ayam kampung yang harganya mencapai Rp 100 ribu hingga Rp 120 ribu," terangnya, Rabu(13/6/2018).

Tak hanya pedagang musiman yang berjualan ayam petelur. Bahkan banyak pedagang ayam yang biasanya menjual ayam potong beralih juga menjual ayam petelur.

Sementara itu, seorang pembeli, Aditya mengatakan, bahwa dirinya membeli ayam petelur untuk digunakan memasak opor saat idul fitri.

"Rasanya yang gurih membuat masakan opor menjadi lebih nikmat," pungkasnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Daging Ayam Petelur Primadona Warga untuk Dimasak Opor Hidangan Lebaran

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini