News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2019

Gusdurian Sidoarjo Sebut Dukungan Yenny Wahid Terhadap Jokowi-KH Maruf Satukan Warga Nahdhiyin

Editor: Sugiyarto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Yenny Wahid (kiri) bersama kyai dan ulama yang tergabung dalam Konsorsium Kader Gus Dur menyatakan sikapnya dalam Pilpres 2019 di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (26/9/2018). Keluarga dan Konsorsium Gus Dur mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan Jokowi-Maruf Amin dalam Pilpres 2019 mendatang. TRIBUNNEWS/Jeprima

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Deklarasi Barikade Gus Dur yang disampaikan oleh Yenny Wahid untuk memberikan dukungan kepada pasangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin merupakan langkah tepat.

Gusdurian asal Sidoarjo Jawa Timur, H Masnuh mengungkapkan itu kepada SURYA.co.id, Rabu (26/9/2019).

Masnuh merupakan orang dekat almarhum Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid itu mengatakan deklarasi dukungan ini menjadi penyatu suara para nahdhiyin dan Gusdurian di Indonesia.

Selain itu, pilihan afiliasi politik ini juga dianggap sudah mewakili suara pendukung Gus Dur.

Lantaran pasangan Jokowi-KH Ma'ruf dianggap capres-cawapres yang memiliki kesamaan perjuangan melanjutkan nilai-nilai perjuangan Gus Dur.

"Mbak Yenny sudah benar, bersama kiai struktural dan kultutal menyatakan dukungan untuk mendukung Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf. Menurut saya, bila Pak Jokowi kalah, maka otomatis kepercayaan pada NU akan hancur," ucap Masnuh, Rabu (26/9/2018).

Sosok Kiai Ma'ruf yang juga NU tulen, dengan deklarasi ini akan menyatukan dukungan dari elemen struktural maupun kultural NU.

Masnuh yakin, bahwa dengan Yenny Wahid melakukan deklarasi ini, maka Gusdurian secara nasional akan makmum dan mengikuti apa yang dijadikan arahan. Yaitu memenangkan Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

"Termasuk saya. Saya sebagai Gusdurian mengamini apa yang dikatakan Mbak Yenny," kata Masnuh.

Ia yakin pernyataan Yenny secara nasional akan berdampak besar. Terutama di Jawa Timur.

 Masnuh mengatakan, nahdhiyin di Jawa Timur adalah yang terbesar di Indonesia. Tentunya akan sangat berpengaruh pada suara nasional untuk pasangan Jokowi-KH Ma'ruf.

"Terlebih Mbak Yenny itu penerus Gus Dur. Gus Dur tidak memiiliki putra dan Mbak Yenny sangat menonjol di kiprah politik. Beliau juga luar biasa. Saya pribadi sangat respek dengan Mbak Yenny, dan deklarasi ini saya respek. Ini mengutuhkan NU," tegasnya.

Ia ingat kondisi NU di Jawa Timur saat pemilihan bupati maupun di pemilihan gubernur. Kondisi NU terpecah terutama antara struktural dan kultural.

Dengan posisi Kiai Ma'ruf dari elemen struktural NU, maka dukungan dari struktural sudah ada di tangan. Ditambah dengan dari Gusdurian, maka elemen kultural juga sudah terangkul.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini