News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Rusuh di Rutan Siak

Aksi Pembakaran di Rutan Siak Dipicu Penemuan Sabu dalam Lipatan Baju Warga Binaan di Blok Wanita

Penulis: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rutan Siak terbakar.

TRIBUNNEWS.COM, PEKANBARU - Penemuan narkoba di blok hunian oleh petugas Rutan Siak berujung pada aksi pembakaran yang dilakukan warga binaan, Sabtu (11/5/2019) sekitar pukul 02.00 WIB.

"Kami sedang melakukan pendalaman penyebab dan kronologisnya. Tim terdiri dari Ditjenpas, Itjen, Kanwil Riau dan Kepolisian setempat," ungkap Lilik Sujandi, Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjenpas, yang saat ini berada di lokasi kejadian.

Lilik Sujandi dalam rilisnya mengatakan, berdasarkan informasi dari kepala Rutan Siak, kejadian bermula dari ditemukannya narkoba yang diduga jenis sabu dalam lipatan baju warga binaan berinisial Y di blok wanita oleh salah seorang pegawai rutan.

Pegawai tersebut kemudian langsung menyampaikan temuan itu kepada Kepala Rutan, Gatot.

"Selanjutnya Karutan merespon info tersebut, dengan melakukan penggeledahan di blok wanita dengan petugas pengamanan. Setelah itu ia langsung berkoordinasi dengan Kasat Narkoba Polsek Siak, AKP Jaelani," kata Lilik Sujandi.

Sekitar pukul 21.45 WIB, Kasat Reskrim Narkoba beserta anggotanya tiba di Rutan dan langsung melakukan pemeriksaan dan pengembangan.

Setelah dilakukan penyelidikan intensif dan BAP, ditetapkan 3 tahanan terbukti mengonsumsi narkoba atas nama IM, Z dan D.

"Selanjutnya pada pukul 00.35 ketiga tahanan tersebut dimasukkan ke ruang hunian dengan pengawalan petugas.

Bangunan Rutan Kelas IIB Siak Sri Indrapura menyisakan puing-puing pasca-kerusuhan, Sabtu (11/5/2019) pagi. TRIBUNPEKANBARU.COM/MAYONAL PUTRA (Tribunpekanbaru.com/Mayonal Putra)

Sekitar pukul 01.10 WIB, terjadilan pemberontakan oleh tahanan yang menjebol pintu blok sel tahanan," kata dua.

Petugas Rutan langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Saat itu Kapolda Riau langsung hadir ke lokasi.

Informasi terkini, dari 648 tahanan dan napi, 31 orang masih dilakukan pengejaran.

Sementara kapasitan hunian 128.

Baca: Sebelum Tewas Dimutilasi, Vera Kerap Merasa Ketakutan Atas Sikap Temperamen Sang Pacar

Saat ini sedang dilakukan pemindahan oleh jajaran kanwil yang dipimpin langsung oleh Kakanwil dan Dir Kamtib ke rutan terdekat. 

Lilik menegaskan bahwa jajaran pemasyarakatan terus berpacu dan serius melakukan pemberantasan narkoba, walaupun pasti akan ada risiko perlawanan dari mereka yang merasa terusik “kenyamanannya”.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini