News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kisah Inspiratif Asli Indonesia

Mengenal Carryfy, Aplikasi Penyelamat Bantu Transportasi Antar Daerah, 100% Karya Anak Bangsa!

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Carryfy, aplikasi pemesanan transportasi lintas daerah yang menekankan kecepatan, kemudahan, serta keamanan.

TRIBUNNEWS.COM - Pesatnya perkembangan teknologi memberikan berbagai dampak positif bagi kehidupan sehari-hari, termasuk dengan munculnya aplikasi karya anak bangsa yang memberikan kemudahan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Inovasi dari para pemuda di tanah air telah berhasil memunculkan solusi bagi berbagai permasalahan yang ada serta membuka akses terhadap hal-hal baru. Contohnya adalah startup digital berbasis aplikasi bernama Carryfy.

Carryfy adalah aplikasi platform yang menghubungkan penumpang yang ingin bepergian lintas wilayah dengan sopir atau pihak travel mobil daerah, secara cepat, mudah, aman, dan nyaman.

Pembuatan aplikasi Carryfy melibatkan delapan orang pemuda dari Makassar, termasuk Irwan Ardyansah dan Andi Raihan Arman, yang memprakarsai pembuatan aplikasi ini.

Berangkat dari permasalahan yang ada

Awal mula penciptaan aplikasi Carryfy berasal dari keinginan untuk memberikan solusi dari permasalahan di sekitar, terutama di daerah tempat para mahasiswa tersebut berdomisili, yaitu Sulawesi Selatan.

Ide pembuatan aplikasi tercetus ketika Irwan dan kawan-kawannya mengamati satu keluarga yang sedang menunggu transportasi di pinggir jalan. Kala itu, keluarga tersebut berniat untuk bepergian keluar daerah. Namun mereka mengalami kesulitan untuk mendapatkan transportasi yang dapat mengangkut mereka.

"Waktu itu ada satu keluarga yang mau keluar daerah. Mereka menunggu di pinggir jalan. Lama di situ, tapi tidak dapat mobil daerah. Dari situ saya berpikir, akhirnya saya bentuk tim untuk wawancara masyarakat yang punya permasalahan sejenis," sebut Irwan.

Pengamatan tersebut pun membuahkan ide, yang kemudian dikembangkan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk melahirkan solusi.

"Ternyata banyak yang punya masalah serupa. Akhirnya kita berkomitmen untuk cari solusinya, dan lahirlah Carryfy ini," lanjutnya.

Carryfy kemudian tercipta pada bulan Desember 2020 dengan nama awal Angkut Apps. Mulanya, Irwan dan timnya mengikutkan aplikasi buatan mereka ini ke kompetisi startup kampus.

Sukses meraih penghargaan dari perlombaan tersebut, mereka pun memutuskan untuk membangun perusahaan startup agar inovasi mereka dapat terus digunakan oleh mereka yang membutuhkan transportasi untuk bepergian lintas daerah.

"Awalnya Angkut Apps namanya. Tapi tim sepakat melakukan rebranding menjadi Carryfy, dengan layanan yang sama dan sekaligus mempublish ulang aplikasi dari hasil masukan penumpang," sebut Irwan, Minggu (31/1/2021).

Usung Tiga Pilar: Cepat, Aman dan Nyaman

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini