News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pembangunan Waduk di Purworejo

Konflik Wadas, Anggota Komisi III Sebut Komunikasi dan Sosialisasi Selama Ini Macet dan Tak Tuntas

Penulis: Daryono
Editor: Arif Fajar Nasucha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ratusan polisi diterjunkan di Wadas, Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (8/2/2022).

TRIBUNNEWS.COM - Anggota Komisi III DPR RI, Hinca Pandjaitan menyampaikan sejumlah poin hasil rapat Komisi III dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo terkait konflik di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Sebelum menggelar rapat dengan Gubernur Jawa Tengah dan pihak terkait, Komisi III juga telah mengunjungi Desa Wadas.

Dalam rapat yang digelar di Mapolda Jateng, Jumat (11/2/2022), dihadiri pula perwakilan Pangdam IV/Diponegoro, Kanwil BPN Jateng dan Kepala BBWS Serayu Opak.

Dari rapat tersebut, Hinca menyampikan sejumlah poin. 

Anggota Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, (21/1/2020). (Tribunnews.com/ Taufik Ismail)

Di antaranya adanya temuan komunikasi dan sosialisasi yang selama ini macet dan tidak tuntas. 

Karena itu, Komisi III mendorong dilakukannya dialog yang humanis antara pemerintah dan masyarakat. 

Baca juga: Gus Yahya: NU Siap Dampingi Warga Desa Wadas

Berikut ini poin-poin yang disampaikan Hinca sebagaimana dikutip dari akun Twitternya, @hincapandjaitan: 

1. Komunikasi dan sosialisasi selama ini macet dan tidak tuntas. Untuk menangani masalah yang terjadi diperlukan dialog yg humanis antara Pemerintah dan masyarakat. Pemerintah Propinsi Jateng akan segera berdialog dan mendengarkan suara masyarakat.

2. BBWS Kementerian PUPR dan Kanwil BPN Jawa Tengah harus segera turun lagi berdialog dan menjelaskan ke masyarakat secara utuh programnya sampai masyarakat dapat memahaminya dan suara mereka didengarkan dengan seksama tanpa prasangka.

3. Polda Jateng harus menangani masalah ini dg humanis dalan konsep Presisi dan menghentikan tindak lanjutan hukum dan mengembalikan mereka yg sempat ditahan ke masyarakat dan memberikan rasa aman bagi mereka. Mendahulukan konsep restorative justice yg berkearifan lokal

4. Demikian beberapa hal secara singkat yang bisa saya sampaikan; dalam semangat kebersamaan dan keharmonisan masyarakat di desa Wadas dan sekitarnya.

Ganjar Bakal Temui Warga yang Kontra

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo akan menggelar pertemuan dengan warga yang kontra terhadap penambangan batu andesit di Desa Wadas.

Pertemuan tersebut dinilai penting karena para ahli dapat menjelaskan terkait kondisi geologis hingga dampak pembangunan di Desa Wadas.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini