News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kelompok Bersenjata di Papua

KKB Pimpinan Egianus Kogoya Penyerang Pos Marinir di Nduga Diduga Memiliki 3 Senjata Berat

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Egianus Kogoya sosok pimpinan KKB di balik penyerangan terhadap Pos Satgas Mupe Marinir III di Kampung Dikware Bawah, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Sabtu (26/3/2022).

TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua di wilayah Nduga Papua, Egianus Kogoya terkenal kejam usai pembantaian pekerja PT Istaka Karya pada 2018 silam.

Egianus diduga kuat jadi aktor penyerangan Pos Marinir di Kenyam, Nduga, Papua.

Dir Reskrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani menyebutkan, Egianus dilengkapi dengan persenjataan canggih dalam aksi penyerangan tersebut.

Akibatnya, dua marinir gugur, satu kritis, dan tujuh lainnya terluka.

“Setidaknya ada tiga senjata berat yang dikuasai kelompok Egianus Kogoya.

Baca juga: Sosok Egianus Kogoya, Pimpinan KKB di Balik Penyerangan Pos Marinir di Nduga Papua

Mereka punya dua pucuk pelontar granat atau Grenade Launcher Module (GLM) dan satu pucuk Minimi,” ungkap Faizal dilansir dari Kompas.com, Senin (28/3/2022) malam.

Faizal menjelaskan, dua pucuk GLM yang dikuasai Egianus berasal dari rampasan pada 2019 dan 2020, sedangkan Minimi merupakan senjata otomatis peluru hambur buatan Belgia.

Senjata ini mampu menembakan seribu peluru hanya dalam waktu satu menit.

Senjata tersebut pernah terlihat digunakan Egianus Kogoya ketika mengadang rombongan TNI di Danau Habema pada 23 Agustus 2018.

Akibatnya dua anggota TNI gugur.

Namun, tak hanya GLM dan Minimi, Faizal juga memperkirakan bahwa setidaknya masih ada belasan pucuk senjata yang dikuasai KKB pimpinan Egianus Kogoya.

"Mereka juga punya 11 pucuk senjata laras panjang dan enam pucuk senjata laras pendek," kata Faizal.

Diberitakan sebelumnya, kontak senjata terjadi antara Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya dengan personel Marinir di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Sabtu (26/3/2022) sore.

Dua personel marinir gugur, satu kritis dan tujuh luka-luka.

"Benar ada kontak senjata yang mengakibatkan satu anggota marinii gugur dan dua lainnya kritis akibat GLM (granat) yang dilontarkan KKB," ujar Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakiri, di Mappi, Sabtu. (Tribun Papua/Gratianus Silas Anderson Abaa)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Egianus Kogoya cs Pakai Senjata Peluru Hambur Serang Pos Marinir Nduga Papua

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini